Mendag Dorong Ekspor Fesyen Muslim RI ke Afrika hingga Eropa

Indonesia memiliki desainer-desainer yang handal hingga mampu bersaing secara global.

Editor: Vito
ISTIMEWA/Tribunnews
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan 

TRIBUNJATENG.COM. JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyatakan, industri fesyen di Indonesia memiliki potensi mampu mendongkrak perekonomian nasional dan menembus pasar internasional.

Menurutnya, Indonesia memiliki desainer-desainer yang handal hingga mampu bersaing secara global.

"Ini memang potensinya besar, kita punya orang yang punya talenta, desainer-desainer hebat. Saya percaya diri bahwa ini, kita memang bisa, dan kita bisa tembus pasar internasional itu, percaya, yakin saya bisa itu," kata Zulhas, sapaannya, dalam acara Press Conference Jakarta Muslim Fashion Week, di Gedung Kementerian Perdagangan, Rabu (12/10).

Pihaknya bakal mendorong fesyen muslim Indonesia mencapai pasar baru di negara Afrika, Asia Tengah, Asia Selatan, Eropa Timur, dan Timur Tengah.

"Kami akan coba kembangkan ini, tentu pasar tradisional barang sudah ya. Tapi kami akan coba, saya lagi minta jadwal sampai akhir tahun, nanti ngikut kalau bisa teman-teman, satu dua dari sini. Jadi arahnya pasar-pasar yang baru," ucapnya.

Zulhas menyebut, target perdagangan pasar internasional di negara-negara tersebut, khususnya di Afrika dinilai lebih mudah jika dibandingkan dengan Amerika Serikat. "Negara-negara yang tadi saya sebutkan itu, tentu uangnya ada dan tidak begitu cerewet," ujarnya.

"Kalau ke Afrika kita bisa kirim sepatu 10 dollar AS, bisa kirim kerudung yang harganya 2 dollar AS, dan itu dibeli oleh orang-orang sana. Oleh karena itu, kita akan coba menembus pasar baru ini," sambungnya.

Zulkilfli menegaskan, selama kepemimpinananya sebagai Mendag, pihaknya bakal terus mendorong industri fesyen muslim Indonesia.

"Saya dari hati yang paling dalam, tulus sungguh-sungguh ingin mengembangkan pakaian muslim ini. Dengan sekuat tenaga, selama sisa waktu menjadi Menteri Perdagangan, saya akan membantu ini," tandasnya. (Tribunnews)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved