Berita Magelang

BPSPP Wilayah IV Tingkatkan Pelayanan Berbasis Sistem Informasi di Terminal Tipe B

Simjak Tertib hadir untuk membantu kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. 

Penulis: Imah Masitoh | Editor: sujarwo
Istimewa
Terminal Tipe B Madureso, Kabupaten Temanggung 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Sistem Informasi Jadwal Kendaraan Terminal Tipe B atau yang disingkat Simjak Tertib hadir untuk membantu kebutuhan pelayanan di masyarakat. 

Penggunaan sistem ini pada Terminal Tipe B oleh Balai Pengelola Sarana Prasarana Perhubungan Wilayah IV dimaksudkan untuk memberikan kemudahan.
 
Aksi Perubahan ini dilakukan oleh Kepala Balai Pengelola Sarana Prasarana Perhubungan Wilayah IV, Bekora Seputranto, yang didukung oleh jajaran pada Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah dan Balai Pengelola Sarana Prasarana Perhubungan Wilayah IV.

"Sudah ada di terminal tipe B di Purbalingga dan Banjarnegara tipe. Dan kami mengembangkan ini agar di wilayah IV juga seperti itu, dengan menambah fitur yang baru di dalamnya," tutur Bekora. 

Tujuannya untuk meningkatnya pelayanan  terminal  berbasis Sistem Informasi yang mudah di akses oleh masyarakat atau pengguna jasa. 

Dimana itu meliputi trayek dan rute, jadwal kedatangan dan keberangkatan kendaraan, tarif, peta atau lay out dan asal tujuan pelayanan trayek. 

Hal tersebut guna terpenuhinya akuntabilitas publik dan integritas petugas serta tersedianya data dan informasi fasilitas  utama dan penunjang serta operasional terminal. 

Adapun tahapan pencapaian tujuan terbagi menjadi tiga. Pertama Capaian jangka pendek (2 bulan) pelayanan trayek di Terminal Madureso Kabupaten Temanggung

Penerapan dan pengembangan aplikasi layanan informasi publik berbasis web dan Android meliputi  trayek dan rute, jadwal kedatangan dan keberangkatan kendaraan, tarif, peta/lay out dan asal tujuan. 

Kedua, capaian jangka menengah (6 – 12 bulan) tujuan pelayanan trayek di Terminal Drs. Prajitno Kabupaten Magelang. 

Yakni penerapan dan pengembangan aplikasi layanan informasi publik berbasis web dan

Terminal Tipe B Madureso, Kabupaten Temanggung
Terminal Tipe B Madureso, Kabupaten Temanggung (Istimewa)

Android meliputi trayek dan rute, jadwal kedatangan dan keberangkatan kendaraan, tarif, peta atau lay out dan asal tujuan. 

Serta capaian jangka panjang (1 – 2 tahun) tujuan pelayanan trayek di Terminal Kutoarjo Kabupaten Purworejo.

Penerapan dan pengembangan aplikasi layanan informasi publik berbasis web dan Android meliputi  trayek dan rute, jadwal kedatangan dan keberangkatan kendaraan, tarif, peta atau lay out dan asal tujuan. 

Terminal Tipe B Madureso, Kabupaten Temanggung
Terminal Tipe B Madureso, Kabupaten Temanggung (Istimewa)

Dengan mengikuti perkembangan teknologi saat ini akan turut memberikan peningkatan  kualitas  pelayanan dan operasional  Terminal Tipe B sehingga minat masyarakat meningkat untuk melakukan perjalanan menggunakan angkutan umum.

"Bisa diakses android dan website. Untuk masyarakat ketika ingin mengetahui trayek yang ada di terminal itu tidak harus ke terminal. Di sistem ini sudah ditampilkan," jelasnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (13/10/2022). 

Menjadi tempat umum yang ramah difabel juga akan dikembangkan pada setiap terminal tipe B ini. 

"Semua terminal tipe harus menggunakan aplikasi ini sehingga masyarakat menggunakan aplikasi ini. Kemudahan akan dirasakan seperti mencari info kedatangan dan keberangkatan," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved