Unsoed Purwokerto

Mahasiswa Magister Manajemen UNSOED Kunjungan Industri ke PT. SBI Plant Cilacap

Mahasiswa Magister Manajemen Unsoed Purwokerto Angkatan 2021 melakukan Kunjungan Industri ke PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk (PT. SBI) plant Cilacap

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Mahasiswa Magister Manajemen UNSOED Kunjungan Industri ke PT. SBI Plant Cilacap 

TRIBUNJATENG.COM, Senin, 17/10/22 - Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Angkatan 2021 melakukan Kunjungan Industri ke PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk (PT. SBI) plant Cilacap (13/10).

Kunjungan Industri kali ini bertujuan agar mahasiswa dapat belajar langsung dari praktisi dan menggali wacara keilmuan baru berkaitan dengan mata kuliah yang telah dipelajari. Rombongan ini didampingi oleh Ketua Program Studi Magister Manajemen Unsoed, Dr. Refius Pradipta Setyanto, S.E, M.Si.

Mahasiswa Magister Manajemen UNSOED Kunjungan Industri ke PT. SBI Plant Cilacap
Mahasiswa Magister Manajemen UNSOED Kunjungan Industri ke PT. SBI Plant Cilacap (IST)

Agenda pertama dimulai dengan perkenalan sekaligus pemaparan dari perwakilan Corporate Communication Regional 2 PT. SBI, Deni Nuryandain.

Beliau memperkenalkan PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk dalam perjalanan perusahaan, proses bisnis, quality control, dan sistem distribusi produk.

Dipaparkan pula produk-produk unggulan dari SBI seperti Dynamix Serba Guna, Dynamix Masonry, Dynamix Extra Power, dan Mortar Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa sangat antusias mengajukan berbagai pertanyaan kepada pembicara.

Pertanyaan yang diajukan meliputi pelaksanaan K3 di perusahaan, pengambilan bahan baku, teknologi yang digunakan pabrik, edukasi terhadap konsumen, hingga peran perusahaan dalam mengurangi emisi karbon dioksida.

Pembicara sangat baik dalam menanggapi pertanyaan sehingga mahasiswa mengerti bahwa SBI sangat inovatif dengan tetap memperhatikan triple bottom line yang salah satunya dibuktikan dengan perolehan penghargaan PROPER Emas sebanyak enam kali.

“Kegiatan ini sangat positif bagi mahasiswa untuk dapat menambah pengetahuan, dan memperkenalkan sistem Quality Control yang diterapkan oleh perusahaan.

Kunjungan Industri ini diharapkan dapat mendekatkan Universitas Jenderal Soedirman dengan perusahaan," kata Doktor Refius.

Selain paparan materi, mahasiswa juga diajak mengelilingi area pabrik yang memiliki luas kurang lebih 115 Ha, dimana 60 Ha diantaranya adalah lahan hijau.

Perwakilan perusahaan, Putut Hardi Suseno menjelaskan dengan lengkap setiap bagian dari pabrik beserta fungsinya.

Mulai dari tempat pengolahan refused-derived fuel (RDF), tempat penggilingan bahan baku, silo, penyimpanan clinker, mechanical workshop, gardu kelistrikan, tangki solar industri, dan hutan kota yang mengelilingi pabrik.

Saat berkeliling, terlihat dua dari beberapa ekor rusa yang dipelihara oleh pabrik sedang mengitari hutan kota.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved