Berita Purwokerto

Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah, BI Purwokerto Gelar Festival Kenthongan dan Senam Bersama

KpwBI Bank Indonesia Purwokerto gelar sosialisasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Permata Putra Jati
Pembukaan acara Sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah oleh Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto di GOR Satria, Purwokerto, Minggu (23/10/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Kantor Perwakilan (KpwBI) Bank Indonesia Purwokerto menyelenggarakan event sosialisasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah di GOR Satria, Purwokerto, Minggu (23/10/2022).

Pada kesempatan hari ini, KPwBI Purwokerto menyelenggarakan Festival Kenthongan Cinta Bangga Paham Rupiah di Wilayah Eks Karesidenan Banyumas sebagai bentuk inovasi komunikasi dan edukasi KPwBI Purwokerto

Festival Kenthongan dibuka oleh Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Mursidi yang sekaligus melakukan penyerahan Token of Appreciation (ToA) uang kertas Tahun Emisi 2022.

Acara diawali dengan kegiatan zumba party dan Senam CBP yang diikuti secara masif oleh masyarakat umum yang berjumlah sekitar 500 orang. 

Acara dilanjutkan dengan pertunjukan pembuka oleh salah satu Grup Kenthongan yang membawakan lagu CBP Rupiah.

Lomba ini diikuti dengan penuh antusias oleh 10 grup kenthongan dengan total peserta 300 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengajak seluruh warga Kabupaten Banyumas cinta, bangga, dan paham terhadap rupiah.

"Kita sebagai warga negara Indonesia ya harus mencintai mata uang sendiri, rupiah," katanya kepada Tribunbanyumas.com.

Usai membuka Festival "Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah)" Wabup mengatakan, orang yang pertama menggelorakan cinta rupiah itu adalah Rhoma Irama dengan lagunya yang berjudul "Rupiah".

Lagu tersebut muncul jauh sebelum Bank Indonesia mengampanyekan "Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah" secara masif.

Wabup menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang terus mengampanyekan kepada masyarakat terkait dengan kecintaan terhadap rupiah.

Menurutnya, rupiah cukup bertahan dibandingkan dengan mata uang negara lain.

Sementara itu, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Mursidi memberikan apresiasi kepada Wakil Bupati Banyumas karena telah mendukung program edukasi "Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah" kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan dukungan beliau dan dengan dukungan stakeholder yang lain, rupiah makin dikenal, dijaga, dirawat, dan dibanggakan," katanya.

Festival "Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah" tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain Senam CBP, Lomba Kentongan CBP, dan Pertandingan Futsal CBP.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan sosialisasi "Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah" yang dilakukan oleh tim dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto.

Dalam hal ini, Cinta Rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain rupiah, memperlakukan rupiah secara tepat, dan menjaga dirinya dari kejahatan uang palsu.

Sementara Bangga Rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat memahami rupiah sebagai alat pembayaran yang sah, simbol kedaulatan NKRI, dan alat pemersatu bangsa.

Sedangkan Paham Rupiah merupakan perwujudan kemampuan masyarakat memahami peran rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi, dan fungsinya sebagai alat penyimpan nilai kemampuan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved