Berita Nasional

Erick Thohir Buktikan Presiden Jokowi Perhatian Terhadap Nelayan

Menteri BUMN, Erick Thohir menemui nelayan tradisional Tambak Lorok, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Editor: Editor Bisnis
IST
Menteri BUMN RI Erick Thohir 

TRIBUNJATENG.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir menemui nelayan tradisional Tambak Lorok, Kota Semarang, Jawa Tengah. Erick Thohir memastikan nelayan Tambak Lorok mendapatkan perhatian untuk memenuhi kebutuhan solar untuk melaut.

“Perhatian Presiden Joko Widodo terhadap nelayan itu mendorong terwujudnya program solar untuk koperasi,” kata Erick Thohir di Tambak Lorok, Kota Semarang, Sabtu (30/10/2022).

Pemerintah melalui kementerian melakukan intervensi untuk memberikan pasokan solar untuk nelayan. Erick Thohir membuat program Solar Subsidi untuk Koperasi Nelayan (Solusi Nelayan). Program tersebut terbentuk atas kolaborasi tiga kementerian, yakni Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pelaksanaannya dilakukan oleh Pertamina, melalui skema kerja sama bisnis dengan koperasi nelayan.

"Saya sebagai pembantu Presiden berkoordinasi dengan pak Teten, Menteri Koperasi dan pak Trenggono, Menteri KKP untuk mencari cara agar para nelayan terbantu dengan persediaan bahan bakar solar yang mudah dan harganya sama," ungkapnya.

Pada tatap muka bersama nelayan tersebut, Erick Thohir langsung membawa pihak Pertamina untuk mengungkapkan program sudah mulai tahap pembangunan. Erick Thohir meminta Pertamina memberikan rate sesuai dengan kebutuhan nelayan.

Untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, Eks Presiden Inter Milan ini mengajak para nelayan untuk ikut koperasi. Dengan begitu, nelayan yang bergabung dengan koperasi bisa mendapatkan akses solar dengan harga yang terjangkau dan mendapatkan bantuan finansial untuk keperluan nelayan.

"Jika bapak atau ibu percaya kepada Presiden Jokowi, dan juga setuju bahwa program ini bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan, karena program ini sudah berhasil di Cilacap, maka segera jadi anggota koperasi supaya punya kepastian mendapatkan solar dengan mudah dan terjangkau. Bulan Januari 2023 saya akan datang lagi untuk cek," ujarnya.

Erick Thohir juga langsung memastikan lokasi program Solusi tidak jauh dari dermaga nelayan. Program tersebut juga mendapat sambutan baik dari pada nelayan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved