Nasional

GNPR Gelar Aksi 411, Massa Padati Patung Kuda

Aksi demonstrasi 411 menuntut penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) dan bahan pokok hingga penegakan hukum tanpa pandang bulu.

Editor: olies
KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi
Massa gabungan organisasi masyarakat (ormas) Islam yang mengatasnamakan Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) terus berdatangan ke kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2022) siang. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -  Massa dari berbagai ormas Islam menggelar aksi demonstrasi 411 di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2022) siang. Ada beberapa tuntutan yang disuarakan massa mulai dari penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) dan bahan pokok hingga penegakan hukum tanpa pandang bulu.

Aksi 411 digelar  gabungan organisasi masyarakat (ormas) Islam yang mengatasnamakan Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) . Aksi itu dimulai dari kawasan Masjid Istiqlal Jakarta. Massa menggelar long march menuju lokasi demo di kawasan Patung Kuda, tepatnya depan Gedung PT Indosat.

Massa GNPR melantunkan sholawat dan ayat suci Al Quran. Tampak dua mobil komando berada di tengah massa aksi. Beberapa bendera dan spanduk dibentangkan oleh massa aksi.

"Allahuakbar...Allahuakbar...Allahuakbar," teriak massa aksi sambil jalan.

Baca juga: Tak Mampu Perbaiki Rumah, Pedagang Cilok Jadi Sasaran Program Bedah Rumah Layak Sehat Kilang Cilacap

Baca juga: Kapan Deadline Pendaftaran Skuad Piala Dunia 2022 Qatar? Timnas Spanyol Dilanda Badai Cedera

Baca juga: Imigrasi Segera Luncurkan Electronic VoA & Sistem Payment Gateway Dukung KTT G20

Namun hingga menjelang salat Asar, belum ada orasi yang disampaikan massa GNPR. Massa masih melantunkan ayat suci Al-Quran dan sholawat.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya telah menerima surat pemberitahuan rencana unjuk rasa bertajuk "Aksi 411" yang akan digelar oleh Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan bahwa aksi yang digelar oleh gabungan organisasi masyarakat (ormas) Islam itu bakal berlangsung pada Jumat (4/11/2022).

"Untuk Aksi 411 di kawasan Patung Kuda akan dimulai pada pukul 13.00 WIB," kata Zulpan saat dikonfirmasi, Kamis (3/11/2022) malam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Demo di Kawasan Patung Kuda, Massa Aksi 411 "Long March" dari Istiqlal", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/11/04/15113131/demo-di-kawasan-patung-kuda-massa-aksi-411-long-march-dari-istiqlal.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved