Berita Pekalongan

Tingkatkan Kualitas Layanan BLUD, Ini Pesan Sekda Kabupaten Pekalongan

Pemkab Pekalongan menggelar workshop BLUD, di aula lantai 1 Kantor Sekda Pekalongan.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Dok. Prokompim Kabupaten Pekalongan
Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar di aula lantai 1 Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan, Kamis (3/11/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pekalongan menggelar workshop BLUD, di aula lantai 1 Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan, Kamis (3/11/2022).

Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar menuturkan, bahwa BLUD di Kabupaten Pekalongan terdiri atas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan. 

"Acara ini sangat penting untuk para pengelola BLUD di Kabupaten Pekalongan terutama bagi para Kepala Puskesmas (KaPus) dan Kepala Tata Usaha Puskesmas (KaTu) yang baru beberapa waktu lalu dilantik."

"Jadi saya minta, agar kegiatan workshop ini dapat diikuti dengan baik," kata Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar.

Sekda Akbar juga meminta agar BLUD yang ada di Kabupaten Pekalongan senantiasa memperhatikan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), serta melakukan penilaian IKM secara jujur agar diketahui seberapa puas masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit maupun puskesmas di Kabupaten Pekalongan.

Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar di aula lantai 1 Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan, Kamis (3/11/2022).
Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar di aula lantai 1 Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan, Kamis (3/11/2022). (Dok. Prokompim Kabupaten Pekalongan)

"Kualitas pelayanan kesehatan ini yang menilai masyarakat. Ada indikatornya, ada IKM, karena BLUD merupakan publik servis pelayanan masyarakat."

"Saya minta masing-masing puskesmas dan RSUD, dapat mengukur dirinya sendiri secara jujur," imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, bahwa IKM penting untuk selalu diperhatikan karena bidang kesehatan merupakan prioritas pemerintahan dari Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan.

"BLUD tidak hanya konteks pelayanan publik saja, tetapi juga harus menerapkan praktik bisnis yang sehat. Ada sisi ekonominya yang saya kira, juga harus diperhatikan," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved