Berita Semarang

Harga Cabai di Kota Semarang Cenderung Rendah, Rp 28 Ribu Pergram

Harga cabai di Kota Semarang terpantau stabil dalam sepekan terakhir. Menurut dia, stabilnya harga cabai saat ini berada di angka rendah, se

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: m nur huda
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Salah satu lapak pedagang yang menjual cabai di Pasar Peterongan Semarang - Harga cabai di Kota Semarang terpantau stabil dalam sepekan terakhir. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Harga cabai di Kota Semarang terpantau stabil dalam sepekan terakhir.

"Sudah satu mingguan ini harga cabai stabil," kata Sumarno, satu pedagang grosir di Jalan Pedamaran, Banyumanik, Semarang, Minggu (6/11/2022).

Menurut dia, stabilnya harga cabai saat ini berada di angka rendah, setelah sempat naik lebih dari satu minggu lalu dengan harga tertinggi mencapai Rp 35 ribu perkilogram.

Harga tersebut kemudian turun dan stabil, dengan harga tertinggi rawit merah di kisaran Rp 28 ribu-Rp 30 ribu per kilogram.

"(Lebih dari-Red) Seminggu lalu memang ada kenaikan harga. Seminggu ini sudah turun dan stabil," ujarnya.

Harga terendah cabai pada Minggu kemarin tercatat pada rawit putih yang berkisar Rp 13 ribu-Rp 15 ribu per kg, disusul keriting hijau, keriting merah, dan rawit merah yang masing-masing berada di kisaran Rp 18 ribu/kg. Sementara itu, cabai teropong merah berada di kisaran Rp 20 ribu/kg, dan hijau ceplus Rp 25 ribu/kg.

Sumarno menyatakan, rendahnya harga cabai saat ini seiring dengan melimpahnya pasokan di tengah masa panen. "Pasokan lancar, semua ada. Ada dari Blitar, Temanggung, Muntilan, dan lainnya. Tapi ini musim hujan, banyak yang busuk, jadi harus disortir," terangnya.

Senada diungkapkan Hendi, pedagang lain di kawasan tersebut. Menurut dia, harga cabai kini stabil setelah mengalami penurunan lebih dari satu minggu lalu.

"Harga cabai sekarang stabil, terakhir ada perubahan harga satu minggu lalu," jelasnya.

Sementara, ia menyebut, harga komoditas bawang justru mengalami penurunan, bahkan anjlok dibandingkan dengan kondisi beberapa bulan lalu. Hendi menyatakan, harga bawang merah maupun bawang putih saat ini berkisar Rp 25 ribu/kg, setelah sebelumnya sempat mencapai Rp 50 ribu-Rp 60 ribu per kg.

"Harga bawang turun lagi. Satu minggu lalu harga bawang merah dan bawang putih sekitar Rp 27 ribu/kg, sekarang harganya Rp 25 ribu/kg. Itu yang ukurannya besar, kalau ukuran kecil harganya Rp 20 ribu/kg," jelasnya. (idy/tribun jateng cetak)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved