Berita Wonosobo

Bantuan WASH Danone Indonesia, Warga Desa Tlogomulyo Wonosobo Sudah Tak Kesulitan Akses Air Bersih 

Kabupaten Wonosobo sempat menduduki peringkat ke 2 dari 35 provinsi di Jawa Tengah dengan angka stunting yang cukup tinggi

Penulis: Imah Masitoh | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Imah Masitoh
Kunjungan ke Dusun Bedakah, Desa Tlogomulyo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo yang mendapatkan bantuan program WASH Danone Indonesia, Selasa (8/11/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Permasalahan stunting di Indonesia masih menjadi isu yang hangat dan perlu dukungan untuk mengatasinya dengan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk dari sektor swasta. 

Salah satunya perusahaan Danone Indonesia yang merupakan perusahaan bisnis dimana berfokus pada kesehatan masyarakat, serta bertekad membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan salah satunya stunting. 

Memiliki sebuah program bernama Bersama Cegah Stunting, Danone Indonesia yang turut serta bekerjasama dengan multistakeholder, telah menjangkau lebih dari 1 juta penerima manfaat. 

Sasaran program ini salah satunya ditujukan untuk masyarakat Wonosobo, mengingat daerah ini masih menjadi daerah dengan angka stunting yang tinggi.

Menurut Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Wonosobo, Dyah Retno Afif Nurhidayat  angka stunting di Wonosobo saat ini, data terbaru dari penimbangan serentak bulan Agustus 2022 berada di angka 14,7 persen dimana sebelumnya di angka 19,22 persen. 

Kabupaten Wonosobo sempat menduduki peringkat ke 2 dari 35 provinsi di Jawa Tengah dengan angka stunting yang cukup tinggi.

Meski sudah mengalami penurunan, Kabupaten Wonosobo masih memiliki PR untuk menurunkan stunting sesuai target yang ditetapkan presiden tahun 2024, stunting berada di angka 14 persen. 

Dengan ini, program Danone Indonesia Bersama Cegah Stunting, sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi Pemerintah Kabupaten Wonosobo

"Program Danone Indonesia ini akan membantu pengentasan stunting di Kabupaten Wonosobo," ungkapnya. 

Setelah melalui tahapan asesmen Danone Indonesia melalui unitnya, yakni PT.Tirta Investama (Danone-AQUA) Wonosobo menetapkan dua lokasi untuk menjalankan program pencegahan stunting di Desa Tlogomulyo dan Desa Tanjunganom. 

Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional, Danone mengadakan kegiatan Perjalanan Aksi Bersama Cegah Stunting bertajuk Kolaborasi dan Inovasi Dukung Anak Indonesia Jadi Generasi Maju ke Wonosobo

Dalam kegiatan ini dilakukan peninjauan langsung ke Dusun Bedakah, Desa Tlogomulyo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo yang mendapatkan bantuan Program Water Sanitation and Hygiene (WASH) Tahun 2022 berupa bak reservoir. 

Menurut Sunarno selaku Senior Plant Manager PT.Tirta Investama (Danone-AQUA) Wonosobo, titik sasaran untuk program ini ditujukan kepada daerah yang benar-benar membutuhkan terkait dengan pencegahan masalah stunting yakni sanitasi. 

"Sebagai bagian dari unit Danone Indonesia yang pasti bersama-sama membantu masyarakat dengan fasilitas air bersih di desa ini salah satunya. Sebelumnya sudah dilakukan asesmen sehingga betul-betul bermanfaat," tuturnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved