Nasional

KTT G20, Putin dan Zelenskyy Dipastikan Tak Hadir Langsung

Perhelatan KTT G20 di Bali dipastikan tidak akan dihadiri secara langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy

Editor: olies
Istimewa/Sergei BobyLyov/Sputnik/AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perhelatan KTT G20 di Bali dipastikan tidak akan dihadiri secara langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy . Meski begitu, dua pemimpin negara yang sedang terlibat perang itu hadir secara virtual. 

Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia lewat pernyataan Jumat (11/11/2022). Kementerian Luar Negeri telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta Pada 8 November 2022 yang menyampaikan bahwa Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali (in person). Hal serupa juga dilakukan oleh Presiden Ukraina. Volodymyr Zelenskyy memastikan berpartisipasi secara virtual.

"Pemerintah Indonesia, hingga saat ini, telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT ditambah Presiden RI Joko Widodo," tulis pernyataan Kemenlu Indonesia.

Baca juga: Drawing 16 Besar Piala Liga Inggris Carabao Cup, Klub Elkan Baggott Terhindar dari Manchester United

Baca juga: Rumor Panitia PTSL Desa Talun Pati Gadaikan Sertifikat Warga, Benarkah? Belum Diserahkan Sejak 2018

Baca juga: Profil Park Solomon Pemeran Ji Soo Heon Drakor Revenge of Others, Debut Pemain Utama

"Kehadiran 18 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah 8 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini." 

Total kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI, adalah 36 orang dari total 41 peserta. Dari pihak negara G20, Brazil dan Mexico telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir.

Mexico akan diwakili oleh Menlu Mexico, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Brazil yang direncanakan secara virtual. Dari pihak undangan, Pemerintah Fiji karena tengah menjalani pemilihan umum mengirimkan utusan khusus (special envoy).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KTT G20 di Bali, Presiden Rusia dan Ukraina Dipastikan Hadir Secara Virtual, https://www.tribunnews.com/internasional/2022/11/11/ktt-g20-di-bali-presiden-rusia-dan-ukraina-dipastikan-hadir-secara-virtual.

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved