OPINI

OPINI Suwanto : Mewarisi Gen Kepahlawanan

MEREKA yang senantiasa berjuang serta rela berkorban demi bangsa dan negara dengan menyingkirkan semua pamrih pribadinya

Bram
Suwanto 

Oleh: Suwanto

Peneliti pada Pascasarjana Unnes

MEREKA yang senantiasa berjuang serta rela berkorban demi bangsa dan negara dengan menyingkirkan semua pamrih pribadinya itulah yang hari ini kita kenal sebagai pahlawan. Kalau kita membaca berbagai epos kepahlawanan yang tertulis di lontar sejarah Nusantara, kita akan menemui satu entitas elite bangsa yang namanya harum yaitu pahlawan. Adalah mereka yang mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadinya.

Salah satu kaum yang begitu heroik turut andil dalam menggelorakan jiwa-jiwa kepahlawanan adalah kaum muda.

Satu bukti tak terbantahkan adalah momentum penting Sumpah Pemuda yang begitu bergemuruh menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Para pemuda di berbagai daerah seantero Indonesia membangun komitmen kebangsaan untuk menanggalkan fragmentasi kedaerahan untuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Etos Kepahlawanan

Dan hari ini tentunya sebagai generasi muda harus mewarisi gen pahlawan dengan meneruskan dan meneladani nilai-nilai kepahlawanan. Diantara tiga etos kepahlawanan yang bisa diteladani adalah pertama rasa Nasionalisme dan kesetiaan cinta tanah air.

Generasi muda sebagai generasi penerus bangsa harus turut senantiasa mengukuhkan rasa cinta tanah air serta menangkis berbagai serangan ideologi radikal.

Kita tentu paham bahwa radikalisme selama ini sudah menjadi ancaman dan musuh yang nyata bagi bangunan nasionalisme bangsa.

Kedua, kokohnya persaudaraan kebangsaan serta kehidupan bangsa Indonesia harus hidup rukun penuh toleransi meski terdiri atas beragam perbedaan. Patut diwaspadai juga gempuran ideologi transnasionalisme yang kerap menularkan doktrin intoleransi.

Ketiga, bahwa perpecahan yang terjadi di internal (perang saudara) akan membuat suatu bangsa rapuh dan mudah runtuh.

Oleh karenanya, sebagaimana telah dicontohkan generasi muda terdahulu yang menginisiasi peristiwa Sumpah Pemuda untuk membangun kekuatan dahsyat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dengan segala komitmen kebangsaan tersebut, kita tetap merawat tiga etos kepahlawanan untuk diterapkan generasi muda di masa kini. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved