Berita Jepara

Temui Pj Bupati Jepara, Buruh Minta Kejelasan Formula Kenaikan UMK 2023

Sejumlah perwakilan federasi buruh kembali menemui Penjabat (Pj) Bupati Jepara.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
TRIBUNMURIA/YUNANSETIAWAN
Perwakilan buruh di Kabupaten Jepara menyerahkan draf usulan kenaikan UMK 2023 kepada Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, di Pendopo Peringgitan, Jumat (11/11/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA - Sejumlah perwakilan federasi buruh kembali menemui Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, di Pendopo Peringgitan, Jumat (11/11/2022).

Pertemuan ini membahas kelanjutan hasil audiensi sebelumnnya yang berlangsung di Command Centre, Selasa (8/11/2022).

Dalam pertemuan kemarin, perwakilan buruh menuntut kenaikan UMK Kabupaten Jepara pada 2023 sebanyak 13 persen. Sementara pihak Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Jepara mengusulkan kenaikan upah berpedan pada PP No 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta telah menampunh usulan itu dan bersurat kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam suratnya, Edy Supriyanta mengusulkan agar Pemprov Jateng mempertimbangkan dan mengkani kembali PP No 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan serta memodifikasi agar kenaikan upah lebih memadai dan tidak dibawah inflasi.

Ketua Pimpinan Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK FSPMI) di PT SAMI Jepara, Yohanes Sri Giyanto mengungkapkan, surat rekomendasi dari Pj Bupati Jepara itu masih abu-abu.

"Belum ada satu kejelasan Pj Bupati Jepara dalam hal menentukan UMK Kabupaten Jepara 2023 nanti. Makanya audiensi hari ini kita minta ketegasan dan sikap pasti dari Pj Bupati," kata dia kepada tribunmuria.com.

Yohanes Sri Giyanto meminta kenaikan UMK 2023 di Kabupaten Jepara menggunakan dasar pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Berdasarkan perhitungannya, pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah sebanyak 5, 28 persen dan inflasi mencapai 6 persen. 

Dari perhitungan itu, maka UMK 2023 di Kabupaten Jepara sebesar Rp 2.346.230.98. Angka ini didapatkan dari penjumlahlan UMK 2022 Jepara sebesar Rp 2.108.403.11 ditambah UMK 2022 Jepara dan dikali hasil jumlah pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

"Dasar itu kita usulka ke Pj Bupati untuk dijadikan rekomendasi ke gubernur," imbuhnya.

Dia berharap usulan dari perwajilan buruh ini menjadi dasar Pj Bupati Jepara ketika bersurat ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ihwal penetapan upah 2023. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved