Berita Kudus

KPU Kudus akan Buka Pendaftaran PPK dan PPS, Simak Syarat dan Ketentuannya

KPU Kabupaten Kudus akan membuka seleksi anggota PPK dan Panitia Pemungutan Suara.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Sosialisasi aplikasi SIAKBA di Hotel Griptha Kudus, Senin (14/11/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, KUDUS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus akan membuka seleksi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pendafataran rencananya akan dibuka secara daring melalui aplikasi SIAKBA.

Ketua KPU Kudus, Naily Syarifah, mengatakan, aplikasi SIAKBA merupakan singkatan dari sistem informasi anggota KPU dan badan ad hoc.

Aplikasi tersebut bakal dimanfaatkan untuk pendaftaran badan ad hoc penyelenggara Pemilu yaitu PPK dan PPS. 

"Nantinya pendaftar akan mendaftarnya melalui sistem informasi ini (aplikasi SIAKBA) secara online. Pendaftar memasukkan berkasnya dan meng-upload kemudian dalam waktu 1x24 jam akan kami berikan balasan apakah berkas- berkas tersebut sudah cukup atau kurang akan kami beritahukan melalui email. Jadi memangkas waktu mereka tidak harus datang secara fisik," kata Naily dalam sosialisasi aplikasi SIAKBA di Hotel Griptha, Senin (14/11/2022).

Naily mengatakan, rata-rata mereka yang mendaftar PPK dan PPS biasanya merupakan orang yang sudah memiliki pekerjaan.

Untuk itu demi memangkas pendaftaran secara fisik, maka pendaftar bisa melakukan pendaftaran secara daring.

Di aplikasi tersebut bakal muncul syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai anggota PPK maupun PPS. Jadi pendaftar bisa mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan.

"Kalau ada yang kurang akan kami beritahukan. Kalau melalui offline mereka hanya mengirimkan secara langsung. Kalau secara online mereka bisa menunda untuk melengkapi berkasnya sampai batas waktu yang kami tetapkan," katanya.

Untuk pendaftaran rencananya akan dibuka mulai pada 20 November 2022 sampai awal Desember. Pendaftaran akan dimulai dari PPK kemudian dilanjut PPS.

"Kalau pendaftar lolos melalui aplikasi SIAKB akan mengikuti tes tertulis secara CAT (computer assisted test). Setelah itu wawancara," kata dia.

Kemudian untuk syarat secara umum, lanjutnya, pendaftar minimal berusia 17 tahun. Tidak pernah menjadi anggota partai politik lima tahun terakhir. Kemudian pendidikan minimal SMA.

"Aplikasi itu nanti tidak hanya untuk penyelenggara ad hoc, tapi nanti seleksi anggota KPU tingkat kabupate  pakai SIAKBA," kata dia. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved