Berita Nasional

Jago Diplomasi, Erick Thohir Terus Dampingi Presiden Jokowi

Menteri BUMN RI Erick Thohir selalu tampil mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam berbagai agenda kenegaraan.

Editor: Editor Bisnis
IST
Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi mengecek persiapan acara puncak G-20 di Bali. 

TRIBUNJATENG.COM - Menteri BUMN RI Erick Thohir selalu tampil mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam berbagai agenda kenegaraan. Beberapa waktu yang lalu, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini terlihat mendampingi Presiden Jokowi dalam acara KTT ASEAN di Kamboja.

Sebelum itu, Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi mengecek persiapan acara puncak G-20 di Bali. Pada tanggal 14/11 kemarin, ia juga terlihat bersama rombongan presiden di Indonesia tersebut dalam acara peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan di Kota Solo.

Setelah acara tersebut selesai, Erick Thohir terus mendampingi Presiden Jokowi di Bali untuk acara G-20. Di sini Erick Thohir terlihat mendampingi orang nomor satu di Indonesia tersebut dalam pertemuan bersama Presiden Amerika Serikat Joe Biden beserta rombongan.

Dalam kesempatan ini, Erick Thohir menyampaikan Joe Biden mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G-20. Amerika Serikat juga diungkapkan sangat mendukung upaya Indonesia dalam transisi energi baru terbarukan dan sebagai Ketua ASEAN 2023.

"Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G-20. Dalam pertemuan bilateral tadi, Amerika Serikat mendukung transisi energi baru terbarukan di Indonesia serta pengembangan ekonomi Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia," tulis Erick Thohir dalam unggahan instagram-nya.

"Mr. Biden juga berharap peran Indonesia sebagai Chairman ASEAN 2023 dapat mempererat hubungan negara-negara ASEAN dengan Amerika Serikat," sambungnya.

Kedekatan Erick Thohir bersama Presiden Jokowi ternyata berkat kepiawaiannya dalam berdiplomasi. Pengamat politik, Usep S. Achyar yang menyatakan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut adalah 'kader' dari Presiden Jokowi.

Hubungan yang dekat ini telah terbina sejak Asian Games 2018 hingga saat ini. Saat itu Erick Thohir diamanahkan untuk menyelenggarakan ajang kompetisi olahraga di Asia tersebut oleh Presiden Jokowi.

Kemudian Erick Thohir juga dipercayakan sebagai Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf saat Pilpres 2019 dan kini menjadi Menteri BUMN.

"Pak Erick Thohir ini memang saya lihat sebagai 'kader' dari Presiden Jokowi. Ia banyak menerima penugasan strategis negara dari Pak Jokowi dan hubungan ini terbina dengan sangat baik hingga saat ini," tutur Achyar.

Maka dari itu, tidak heran jika Presiden Jokowi terus menggandeng menteri andalannya tersebut dalam berbagai agenda penting kenegaraan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved