Berita Purbalingga

Roro Hendarti Pendiri Limbah Pustaka Purbalingga Terima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka

Roro Hendarti Pendiri Limbah Pustaka Purbalingga Terima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka dari Perpusnas RI

Ist. Pemkab Purbalingga.
Roro Hendarti pendiri Limbah Pustaka, Desa Muntang, kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga saat meraih penghargaan bidang literasi saat malam apresiasi Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2022, yang digelar di Integrity Convention Centre (ICC) MGK, Kemayoran, Senin (14/11/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Roro Hendarti pendiri Limbah Pustaka, Desa Muntang, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga meraih penghargaan atas dedikasinya bidang literasi. 

Beliau meraih penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka (NJDP) dari Perpustakaan Nasional Repuiblik Indonesia (Perpusnas RI) katagori Pejuang Literasi.

Penghargaan diberikan oleh Kepalas Perpusnas, Muhammad Syarif Bando pada malam apresiasi Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2022, yang digelar di Integrity Convention Centre (ICC) MGK, Kemayoran, Senin (14/11/2022). 

Syarif Bando mengatakan NJDP merupakan apresiasi tertinggi Pemerintah dalam peningkatan literasi dan kegemaran membaca.

"Salah satu kategori yang dianugerahi penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka adalah Pegiat Literasi. 

Kategori Pegiat Literasi,diberikan kepada seseorang yang memiliki kemampuan literasi yang dipilih sebagai panutan, motivator, inspirator, katalisator dan influencer dalam upaya mempromosikan gemar membaca," ujarnya kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis.

Roro Hendarti, mengatakan dengan mendapat penghargaan ini menjadi tambahan amunisi semangat baginya untuk bergerak membumikan literasi.

"Dalam gerakan literasi di desa kami dan di Purbalingga, saya titik fokusnya generasi muda, supaya mereka siap jadi generasi penerus bangsa yang melek teknologi dan bijak menggunakan teknologi tanpa menghilangkan gemar membaca," ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Roro, pihaknya menambah layanan perpustakaan yakni divisi budidaya maggot dan ekoenzim. 

"Inovasi-inovasi ini akan terus kami galakkan tidak lain agar anak-anak di lingkungan kami tidak tergantung dengan gadget," katanya. 

Saat ini, Limbah Pustaka desa Muntang, imbuh Roro, juga menjadi tujuan studi lapangan P5BK atau kurikulum merdeka bagi sekolah sekolah, SD hingga SMA sederajat. 
 
"Saya berharap, limbah pustaka terus diterima masyarakat, dan menyumbangkan manfaat bagi masyarakat luas," ungkapnya. (jti)

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Masjid Raya Sheikh Zayed Menjadi Masjid Pertama Layanan Premium PLN Jateng DIY

Baca juga: Tinjau Program Penanganan Stunting di Kebumen, Ganjar, Bu Salamah dan 35 Tahun Pengabdi Kesehatan

Baca juga: Kapolsek Bojong AKP Rudi Tengahi Aksi Tawuran Antar Pelajar, "Jangan Sampai Terulang" 

Baca juga: Nikmatnya Makaroni Keju Elfath, Cemilan yang Jadi Souvenir Tamu Negara di G20 Bali

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved