Berita Nasional

Kata Erick Thohir soal Cuitan Warganet Hina Ibu Negara Iriana Jokowi: Ini Tidak Biasa

Cuitan seorang warganet oleh banyak pihak dianggap telah menghina Ibu Negara Iriana Jokowi.

Istimewa
Menteri BUMN RI Erick Thohir 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Cuitan seorang warganet oleh banyak pihak dianggap telah menghina Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengkritik cuitan tersebut.

Cuitan yang dimaksud adalah unggahan pemilik akun Twitter @KoprofilJati yang membuat candaan soal foto antara Iriana dan istri presiden Korea Selatan Kim Kun-hee.

Baca juga: Penghina Ibu Negara Iriana Jokowi Diburu Bareskrim Polri

"Ini konten sangat tidak baik, ini bukan kultur bangsa kita.

Saya sangat sedih dan saya sangat terpukul ketika hal-hal ini justru menjadi hal-hal yang seperti dianggap biasa.

Ini tidak biasa," kata Erick, dikutip dari akun Instagram miliknya.

Seorang netizen di Twitter mengolok-olok foto ibunda Gibran Rakabuming Raka, Iriana Jokowi. Itu dilakukan akun @KoprofilJati yang mengupload foto Iriana bersama Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee pada Kamis (17/11/2022). 


Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Sang Ibu Negara Iriana Diolok-olok, Gibran Lapang Dada : Gak Marah, Gak Lapor Polisi Juga, Males!, https://solo.tribunnews.com/2022/11/18/sang-ibu-negara-iriana-diolok-olok-gibran-lapang-dada-gak-marah-gak-lapor-polisi-juga-males.
Seorang netizen di Twitter mengolok-olok foto ibunda Gibran Rakabuming Raka, Iriana Jokowi. Itu dilakukan akun @KoprofilJati yang mengupload foto Iriana bersama Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee pada Kamis (17/11/2022).  (Istimewa/Tribun Solo)

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga telah memberikan izin kepada Kompas.com untuk mengutip pernyataan Erick tersebut.

Erick menilai, masyarakat tidak boleh diam dengan adanya cuitan bernada hinaan kepada Iriana, apalagi menganggapnya sebagai bahan candaan.

Lebih lanjut, Erick berpendapat bahwa budaya patriarki sudah kuno dan kecantikan seorang perempuan tidak bisa diukur dari satu standar saja.

"Tentu tidak adil kalau kita membanding-bandingkan karena sesungguhnya kecantikan perempuan itu berasal dari hati dan tentu yang saya bilang, akhlaknya," ujar Erick.

Mantan bos Inter Milan itu juga menuturkan bahwa kalangan perempuan kini sudah membuat banyak karya hebat.

Ia mencontohkan, Kementerian BUMN telah mendorong kepemimpinan perempuan hingga 25 persen dan menjadikan perempuan sebagai salah satu agen perubahan di BUMN. 

"Bahkan, kalau kita lihat di G20 kemarin terjadi banyak kontribusi perempuan-perempuan hebat, Bu Menlu, Bu Menkeu, dan juga banyak figur-figur wanita lain," kata Erick.

Adapun akun @KoprofilJati sempat membuat cuitan yang menyertakan foto Iriana.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved