Berita Blora

18 Desa Ikuti Festival Desa Wisata Blora, Ini Produk Unggulan Mereka

Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Festival Desa Wisata Blora tahun 2022 dalam rangka memperingati hari jadi Blora yang ke 273.

Penulis: ahmad mustakim | Editor: rival al manaf
(TRIBUNJATENG/AHMAD MUSTAKIM) 
Semaraknya pasar krempyeng hingga pentas seni barongan dalam Festival Desa Wisata Blora tahun 2022 dalam rangka memperingati hari jadi Blora yang ke 273 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Festival Desa Wisata Blora tahun 2022 dalam rangka memperingati hari jadi Blora yang ke 273.

Festival ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal  Sabtu-Minggu, 19-20 November 2022.

Mulai Pameran produk desa wisata, pasar krempyeng, hiburan pentas seni, penghargaan desa wisata Blora terbaik 2022, Famtrip desa wisata, hingga sarasehan desa wisata se Kab. Blora

Ketua Pokdarwis Sido Rukun Desa Sambongrejo, Janurman mengungkapkan, rangkaian kegiatan ini dalam rangka hari jadi  Kabupaten Blora yang ke 273.

"Dimulai dari pukul 08.00 WIB pagi yang dibuka oleh Bupati Blora Arief Rohman, dilanjut sambutan dari Kepala Dinporabudpar dan dilanjutkan dengan hiburan-hiburan," ucap Janurman kepada tribunmuria.com di lokasi. 

"Pukul 22.00 WIB puncak penganugerahan desa wisata terbaik se kabupaten Blora," ungkap Janurman. 

Dikatakannya, ada 18 desa wisata di Blora yang mengikuti kegiatan festival ini. Dan juga diikuti oleh desa dari pakujembara (pati, kudus, jepara, rembang dan Blora). 

Acara juga dihadiri oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jateng. 

"Kemudian dilanjutkan Minggu (20/11/2022) dilaksanakan sarasehan di pendopo Samin Sedulu Sikap. Penutupan di pukul 14.00 WIB," terang Janurman. 

Menurut Janurman, tidak ada kendala dalam acara festival ini. 

"Harapannya, selaku desa wisata ini. Pada penganugerahan bisa jadi juara dalam festival ini. Dan dapat mengikuti lomba di provinsi karena masuk di 10 besar," harap Janurman. 

Diharapkannya, Desa Sambongrejo juga bisa dikenal secara luas dan bisa menarik wisatawan dari lokal hingga nasional. 

Sementara itu, Aminstajib, perwakilan Desa Wisata Tempellemahbang, Kecamatan Jepon Blora, mengaku senang dengan festival ini. 

"Kemarin ada lomba desa wisata di Sambongrejo ini, mulai ada pameran UMKM kita ikut berpartisipasi lah memeriahkan wisata desa Sambongrejo ini," ucap Aminstajib. 

"Alhamdulillah tadi ada gethuk tapi sudah habis, ada jeruk bali, ini jeruk tempel yang pernah juara 3 nasional. Ada kerajinan barongan, ada ukiranukiran, asbak serta telenan," jelas Aminstajib. 

Aminstajib berharap Pemkab Blora harus sering mengadakan kegiatan seperti ini.

"Agar desa-desa wisata termotivasi akhirnya kita semakin giat memperbarui, memperbaiki wisata-wisata desa kita," ungkap Aminstajib. (kim) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved