Berita Semarang

Iming-iming Nilai A dan Bebas UAS Unika, Lady Raih Juara 3 Lomba Komik Strip Festival Kreatif PPATK

Lady Debora Cahyaning meraih Juara 3 Lomba Komik Strip Festival Kreatif 2022.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Amanda Rizqyana
Lady Debora Cahyaning Sulistyani, mahasiswa semester 5 Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata raih Juara 3 Lomba Komik Strip Festival Kreatif 2022 yang diadakan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Lady Debora Cahyaning Sulistyani raih Juara 3 Lomba Komik Strip Festival Kreatif 2022 yang diadakan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Kompetisi tahunan sejak 2019 dan pada 2022 kali ini bertema 'BERANTAS (Berani, Lawan, Tuntaskan) Kejahatan di Bidang Lingkungan.

Kompetisi yang ditutup pada Sabtu (1/10/2022)ini telah diumumkan pada Jumat (28/10/2022) pukul 00.00 dan tema pada gelaran ini 

Mahasiswa semester 5 Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata ini bercerita bahwa karyanya tersebut merupakan tugas kuliah Mata Kuliah Pilihan (MKP) bimbingan Louis Cahyo Kumolo Buntaran.

"Pak Louis menyarankan mengikuti lomba yang diadakan PPATK sebagai syarat mengikuti UTS (Ujian Tengah Semester, red) MKP, dan bila mendapatkan juara akan mendapatkan nilai A dan dibebaskan dari kewajiban UAS (Ujian Akhir Semester, red)," ungkap Lady pada Tribun Jateng, Minggu (20/11/2022) di Kampus Unika Bendan Duwur, Gajahmungkur, Kota Semarang.

Lady Debora Cahyaning Sulistyani, mahasiswa semester 5 Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata raih Juara 3 Lomba Komik Strip Festival Kreatif 2022 yang diadakan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).
Lady Debora Cahyaning Sulistyani, mahasiswa semester 5 Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata raih Juara 3 Lomba Komik Strip Festival Kreatif 2022 yang diadakan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). (Tribun Jateng/Amanda Rizqyana)

Meskipun ia mengaku waktu yang diberikan mepet, Lady mengatakan ia berusaha memaksimalkan agar komik yang diunggah sesuai dengan tema yang diberikan.

Tema cerita yang harus diusung ialah pencucian ulang pada kejahatan lingkungan, adapun aspek yang harus diperhatikan yakni sosial, brankas, dan kesederhanaan.

Pada komiknya ini bercerita tentang sepasang suami-istri sederhana yang mendapatkan uang dalam jumlah banyak secara cuma-cuma dari proses tambang ilegal.

"Untuk lomba yang kali pertama saya ikuti ini, cerita saya riset dari portal PPATK dan akun sosial media PPATK," kisah Lady.

Tantangan yang ia hadapi dalam mengikuti lomba ialah selain tenggat waktu yang terbatas dan mencari contoh kasus relevan.

Lady berharap karya yang ia buat bisa memberikan edukasi bagi masyarakat terkait pencucian uang dan kejahatan lingkungan.

Louis Cahyo Kumolo Buntaran membenarkan dirinya meminta agar mahasiswa mengikuti lomba atau kompetisi yang sesuai dengan kegiatan mereka.

"Kami memang mendorong mahasiswa agar mengikuti kompetisi supaya mereka bisa menunjukkan dan memaksimalkan keahlian mereka ditambah dengan melihat kemampuan dari peserta lain yang tentunya beragam," jelasnya.

Selain bisa membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan, kompetisi juga dapat memberikan kesempatan bagi para mahasiswa mengenal alur dengan dunia kerja.

Nantinya setelah terjun di dunia kerja, lulusan DKV Unika Soegijapranata harus berhadapan dengan tema maupun konsep kerja, dan tenggat waktu. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved