Berita Blora

Pikat Ratusan Penonton, Pagelaran Seni Barongan Kolosal Semarakkan Rangkaian Hari Jadi Blora Ke 273

Pagelaran Seni Barongan Kolosal menyemarakkan rangkai hari jadi Blora ke 273 hingga memikat ratusan penonton.

Penulis: ahmad mustakim | Editor: rival al manaf
(Dok. Humas Kominfo Blora)
Semaraknya Pagelaran Seni Barongan Kolosal di Desa Berbak yang memikat ratusan penonton   

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Pagelaran Seni Barongan Kolosal menyemarakkan rangkai hari jadi Blora ke 273 hingga memikat ratusan penonton di lapangan Desa Berbak Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Sabtu (19/11/2022) sore.

Pagelaran ini diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus.

Bupati Blora Arief Rohman hadir disambut dengan sejumlah penari jaranan dan diiringi seni barongan.

“Luar biasa Kecamatan Ngawen, ini pemanasan, nanati InsyaAllah paradenyaa kita adakan tanggal 26 November mulai Alun-alun sampai dengan Lapangan Kridosono, jadi ada Festival Barongan tingkat Kabupaten Blora. Jangan lupa hadir untuk melihat di sepanjang jalan yang dilalui,” kata Arief Rohman dalam sambutannya.

Bupati menyampaikan beberapa acara berkaitan dengan peringatan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan terimakasih Dirjen Bea dan Cukai yang sudah bekerja sama terkait dengan DBH CHT dalam bentuk kegiatan kesenian barongan,” ucap Arief Rohman.

"Ini adalah salah satu kekayaan kita, budaya kita, makanya Blora dijuluki juga kota Barongan. Karena ternyata jumlah group barongan kita ratusan," tambah Arief Rohman.

Dikatakannya, kebudayaan ini harus diuri-uri, dilestarikan dan tentunya terus didukung, agar kesenian barongan terus maju dan berkembang, baik itu di desa dan sekolah maupun di group.

“Malam hari ini barongan juga tampil di Madura, diundang oleh anak-anak kita yang kuliah di Madura. Saudara dari Batam biasanya juga ada pertunjukan barongan, dan juga di Provinsi yang lain," terang Arief Rohman.

"Seperti Kalimantan dan sebagainya juga mempunyai barongan yang dari Blora. Ini menandakan bahwa kesenian ini dicintai oleh masyarakat,” imbuh Arief Rohman.

Arief Rohman juga berkesempatan menyerahkan bantuan senilai Rp 5 juta untuk group kesenian barongan yang tampil.

Kepala Dinas Kominfo Blora Pratikto Nugroho, menyampaikan, acara tersebut sebagai media sosialisasi ketentuan di bidang cukai tembaku (DBH CHT) 2022 sekaligus peringatan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora.

“Saya sampaikan terimakasih kepada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus, yang sudah rawuh dan bergabung bersama warga masyarakat Kecamatan Ngawen di Desa Berbak,” ucap Pratikto Nugroho.

Menurutnya, masih banyak lagi yang digelar Pemkab Blora dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved