Berita Nasional

Pernikahan Kaesang Dinilai Simbol Kuat Erick Thohir Direstui Jokowi Maju Pilpres

Pengamat Politik Kiki Rizki Yoctavian menilai pernikahan Kaesang Pangarep menjadi kode kuat Presiden Jokowi memberikan dukungan untuk Erick Thohir.

Editor: Editor Bisnis
IST
Menteri BUMN RI Erick Thohir 

TRIBUNJATENG.COM - Pengamat Politik Kiki Rizki Yoctavian menilai pernikahan Kaesang Pangarep menjadi kode kuat Presiden Jokowi memberikan dukungan untuk Menteri BUMN Erick Thohir maju di Pilpres 2024. Ia menjelaskan dalam budaya masyarakat Jawa penyelenggaraan pernikahan tidak bisa diserahkan kepada sembarang orang.

Pernikahan adalah prosesi sakral sarat budaya dan nilai-nilai agama sebuah keluarga sehingga diperlukan orang yang sangat dipercaya untuk mempersiapkan acara tersebut. Dalam hal ini Presiden Jokowi mempercayakan proses sakral tersebut dipersiapkan oleh Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Pernikahan Kaesang.

“Urusan pernikahan adalah hal yang sakral dan orang yang sangat dekat dan tepatlah yang ditunjuk untuk melaksanakannya karena orang tersebut simbolisasi dan perwujudan dari tuan rumah yang punya hajat. Termasuk cara berpikir maupun bertindak,” terang Kiki yang juga Pendiri Pusat Studi untuk Demokrasi.

“Begitu pun ketika Jokowi menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Pernikahan itu menunjukkan kepercayaan penuh dirinya kepada Erick Thohir,” imbuhnya.

Ia kemudian menjelaskan momen pernikahan Kaesang tak ubahnya seperti acara Projo ketika masyarakat mengaitkannya sebagai sinyal untuk Ganjar Pranowo. Begitu juga dengan acara Perindo di mana Presiden Jokowi memberikan sinyal untuk Prabowo Subianto.

“Jadi kalau usai acara Projo di Magelang lalu orang ramai menduga dukungan Jokowi ke Ganjar, kemudian setelah acara Perindo ramai lagi orang menduga Jokowi mendukung Prabowo. Kalau saya justru melihat bahwa kuda hitam di luar nama-nama yang beredar adalah Erick Thohir yang ditunjuk oleh Jokowi menjadi ketua panitia pernikahan Kaesang,” tutur Kiki.

Di momen pernikahan Kaesang ini, kode diberikan lebih humanis dan intim mengingat hal ini adalah acara keluarga yang mewakili nilai-nilai tuan rumah. Karena itu, Kiki melihat Erick Thohir adalah pemimpin penerima restu Jokowi dalam Pilpres 2024 mendatang.

Apalagi, Erick Thohir sudah menjadi menteri terbaik dan kepercayaan Presiden Jokowi sejak lama. Yakni sejak menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018, Ketua TKN Jokowi 2019 dan kini Menteri BUMN. 

Selama menjadi menteri, Erick Thohir juga banyak membantu presiden dengan menyukseskan penanggulangan pandemi covid-19, pemulihan ekonomi nasional, pemberantasan korupsi di Kementerian BUMN dan penyelamatan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA.

“Begitu pun ketika Jokowi menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Pernikahan itu menunjukkan kepercayaan penuh dirinya kepada Erick Thohir,” pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved