Berita Regional

Gunung Semeru Meletus hingga 28 Kali, Dilarang Ada Aktivitas di Sektor Tenggara

Gunung Semeru meletus pada Selasa (22/11/2022) hingga sejumlah 28 kali letusan. Gunung tertinggi di Pulau Jawa yang ada di Kabupaten Lumajang, Jawa Ti

Editor: m nur huda
KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA
Puncak Mahameru Gunung Semeru dilihat dari Seruni Point Gunung Bromo - Gunung Semeru meletus pada Selasa (22/11/2022) hingga sejumlah 28 kali letusan. 

TRIBUNJATENG.COM, LUMAJANG - Gunung Semeru meletus pada Selasa (22/11/2022) hingga sejumlah 28 kali letusan.

Gunung tertinggi di Pulau Jawa yang ada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur itu terpantau mengeluarkan asap berwarna putih kelabu dari puncak kawah setinggi 700 meter.

Pantauan Pos Pantau Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, dalam periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB, teramati gempa letusan sebanyak 28 kali dengan amplitudo 11 - 22 mm.

Secara visual, letusan asap teramati hingga empat kali dengan tinggi asap 300 - 700 meter.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Semeru Liswanto mengatakan, aktivitas fluktuatif yang ditunjukkan Gunung Semeru membuat statusnya masih bertahan di Level III Siaga.

Liswanto mengimbau warga tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara atau di sepanjang besuk kobokan sejauh 13 kilometer.

"Di luar jarak itu, warga diminta tidak beraktivitas dalam radius 500 meter dari pinggir sungai, apalagi jika hujan turun karena rawan terjadi banjir lahar," kata Liswanto di Lumajang, Selasa (22/11/2022).

Liswanto juga meminta warga tidak beraktivitas di radius 5 kilometer dari kawah untuk mengantisipasi adanya bahaya lontaran batu pijar.

"Semeru masih berpotensi mengeluarkan APG, guguran lava, dan banjir lahar, jadi masyarakat diminta tetap waspada dan selalu memperhatikan imbauan petugas," pungkas dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Semeru Alami 28 Letusan dalam 6 Jam, Ini Imbauan untuk Warga

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved