Berita Banyumas

KAI Daop 5 Purwokerto Sudah Tutup 30 Perlintasan Kereta Tidak Resmi Selama 2022

Selama 2022 atau hingga November ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto menutup 30 titik perlintasan kereta api tidak resmi

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: muslimah
Humas KAI Daop 5 Purwokerto
Suasana penjagaan di perlintasan kereta api sebidang di Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, Jumat (18/11/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Selama 2022 atau hingga November ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto menutup 30 titik perlintasan kereta api tidak resmi.

"Rinciannya 30 telah ditutup, dan 9 jalur perlintasan langsung perubahan status. 

Dari tidak dijaga menjadi dijaga," ujar Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, kepada Tribunbanyumas.com, Selasa (22/11/2022).

Langkah tersebut dilakukan demi keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan yang melibatkan kereta api dengan pengguna lalu lintas jalan raya ataupun masyarakat.

Baca juga: Harga Tomat di Kota Semarang Meroket 300 Persen, Rp 6 Ribu Kini Cuma Dapat 2 Biji

Baca juga: Kisah Sahabat Tentang Ki Joko Bodo yang Baru, Langsung Bergegas ke Masjid Begitu Dengar Azan

"Pada prosesnya apa yang kami lakukan juga kerap mendapat penolakan masyarakat. 

Dalam kondisi tersebut perlu langkah untuk mencari jalur alternatig bagi masyarakat yang garus disolusikan bersama oleh pemerintah pusat atau daerah," katanya.

Ia juga berharap, adanya komitmen dan kerjasama seluruh stakeholder, seperti pemerintah daerah (pemda), kepolisian, dan operator untuk menyelesaikan persoalan perlintasan sebidang di jalur kereta api.

Menurut dia, perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan yang dibuat sebidang. 

Perlintasan sebidang tersebut muncul dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat menggunakan kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api. 

Perlintasan sebidang kerap menjadi daerah yang rawan kecelakaan, karena tingginya mobilitas dan meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas.

Selama ini PT KAI telah menempatkan petugas jaga perlintasan beserta fasilitas pendukungnya seperti gardu, palang pintu, sirene, dan peralatan pendukung lainnya, untuk mendukung keselamatan perjalanan KA. (jti) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved