USM

Dosen USM Latih Koperasi dan UMKM Desain Menggunakan Smartphone

Salah satu alasan mengapa tim kami melakukan pelatihan menggunakan aplikasi canva adalah aplikasi ini sangat mudah diakses.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Foto bersama usai kegiatan 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) menggelar pelatihan desain produk menggunakan aplikasi Canva di GERAI KOPIMI (Gerakan Masyarakat Koperasi dan UMKM Semarang Indonesia) di Kantor Kecamatan Semarang Selatan baru-baru ini.

Tim Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini merupakan beberapa dosen FTIK USM yaitu Saifur Rohman Cholil, Rastri Prathivi dan Titin Winarti.

Selain itu juga kegiatan ini melibatkan dua mahasiswi yang diikut sertakan untuk membantu pelaksanaan kegiatan pengabdian tersebut yaitu Aprillia Yayang Sari dan Amelia Ulfi Nabila yang merupakan mahasiswi Universitas Semarang (USM) yang berasal dari program studi Sistem Informasi.

“Alasan dilibatkannya mahasiswa dalam kegiatan ini adalah untuk melatih mereka berinteraksi dengan masyarakat dan mengaplikasikan ilmunya yang diperoleh di bangku perkuliahan,” ungkap Rastri selaku ketua tim pengabdian mayarakat.

Selain itu mahasiswi FTIK USM ini juga ikut membantu dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 16 November 2022 dengan peserta kegiatan ini terdiri dari anggota gerai KOPIMI Kota Semarang dari berbagai jenis usaha yang berbeda diantaranya dari usaha makanan, pakaian, kerajinan tangan dan jasa.

Sementara Saifur Rohman Cholil menambahkan bahwa kegiatan pelatihan ini difokuskan pada pembuatan desain pemasaran produk makanan menggunakan aplikasi canva, sehingga diharapkan perserta bisa buat desain untuk promosi produk dengan mudah hanya menggunakan aplikasi smartphone.

“Salah satu alasan mengapa tim kami melakukan pelatihan menggunakan aplikasi canva adalah aplikasi ini sangat mudah diakses selain itu juga aplikasi ini bisa digunakan menggunakan android mobile, aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur berupa tema,font dan menyediakan lebih banyak template,” ungkapnya.

Salah satu peserta Sri Winarti mengaku senang dengan diadakannya pelatihan ini karena dapat melakukan desain secara simpel, praktis dan mudah.

Selain itu juga kami mendapatkan langsung berupa modul yang berisi tata cara penggunaan aplikasi canva terutama step by step desain singkat dari produk makanan, sehingga bisa berlatih sendiri setelah pelatihan dilaksanakan. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved