Guru Berkarya

Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Materi Norma dan Keadilan dengan CIRC

Keuntungan dari pembelajaran kooperatif gaya CIRC dibandingkan kuliah adalah bahwa semua anggota tim harus mengerjakan tugas yang diberikan.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Sri Harini Subiyanti, S.Pd - Guru PPKn SMPN 2 Sragi Kabupaten Pekalongan 

Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Materi Norma dan Keadilan dengan CIRC

Sri Harini Subiyanti, S.Pd

Guru PPKn SMPN 2 Sragi Kabupaten Pekalongan

Salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki setiap manusia adalah pendidikan.

Pendidikan dapat menghasilkan perubahan sikap yang baik dalam diri seseorang.

Pendidikan memiliki dua proses utama, yaitu diajarkan dan diajarkan.

Pengajaran pada jenjang pendidikan formal biasanya dipimpin oleh seorang guru. Sebagai pendidik, guru diharapkan mampu membantu siswa memecahkan suatu masalah yang dihadapi.

Peran ini termasuk dalam aspek pendidikan karena tidak hanya transmisi pengetahuan tetapi juga pendidikan yang mentransmisikan nilai-nilai kehidupan.

Peran aktif siswa perlu dikembangkan melalui model pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan berbagai konsep yang diajarkan dalam mata pelajaran PPKn.

Berdasarkan data yang diperoleh, hampir separuh siswa tidak mencapai nilai KKM. Kurangnya semangat siswa untuk mengikuti seluruh tahapan kegiatan pembelajaran PPKn menyebabkan nilai KKM yang kurang baik.

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi siswa SMP N 2 Sragi dalam proses pembelajaran saat ini, hasil belajar siswa tergolong rendah karena guru memberikan mata pelajaran berupa ceramah dan diakhiri dengan ceramah.tes.

Siswa bertindak lebih seperti pendengar tetapi tidak sepenuhnya menyerap apa yang disajikan oleh guru.

Dalam hal ini, guru sebagai pendidik harus mampu menjalin hubungan yang simpatik dengan siswa dan menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif.

Untuk meningkatkan peran aktif siswa, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan berbagai konsep yang diajarkan dalam mata pelajaran PPKn.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved