Berita Kudus

Dewan Dorong Pembangunan Infrastruktur Jadi Prioritas Ranperda APBD Kabupaten Kudus 2023

Pembangunan infrastruktur menjadi pusat perhatian dan dinanti-nantikan oleh masyarakat di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Kudus.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
JALAN BERLUBANG - Kondisi Jalan Raya Kudus - Purwodadi di Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kudus perlu mendapatkan perhatian karena berlubang. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pembangunan infrastruktur menjadi pusat perhatian dan dinanti-nantikan oleh masyarakat di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Kudus.

Apalagi selama dua tahun kemarin Pemda tidak bisa mengoptimalkan anggaran untuk pembangunan di bidang infrastruktur, lantaran terdampak pandemi covid-19.

Sehingga, kebutuhan masyarakat seperti perbaikan jalan sebagai sarana pendukung lalu lintas ekonomi belum bisa terpenuhi maksimal.

Menyikapi hal itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus mendukung penuh pemerintah setempat untuk memprioritaskan program di bidang pembangunan infrastruktur pada 2023 mendatang.

Saat ini, Rancangan Perda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kudus Tahun Anggaran 2023 dalam tahap pembahasan.

Draft Ranperda sedang dibahas oleh Badan Anggaran DPRD Kudus bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Kudus, dan selangkah lagi disahkan.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kudus, Rochim Sutopo mengatakan, pihaknya sudah memantau sejumlah pembangunan infrastruktur yang dijalankan pada tahun ini.

Terkait infrastruktur jalan, lanjut dia, masih ada beberapa ruas jalan dalam keadaan rusak, sehingga membutuhkan perbaikan guna menunjang aktivitas masyarakat.

Rochim menegaskan, DPRD sudah mendorong Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) agar memaksimalkan dana APBD Perubahan 2022 untuk perbaikan jalan.

Jika tidak memungkinkan, minimal dilakukan pemeliharaan supaya tidak menimbulkan korban.

"Kemudian di anggaran 2023 harus dilist semua, agar dalam pembahasan nanti terlihat mana saja skala prioritas yang bisa diutamakan terkait jalan kabupaten," terangnya, Kamis (24/11/2022).

Selaku Ketua Komisi C, Rochim menegaskan, infrastruktur jalan yang belum sempat tertangani pada 2022, semaksimal mungkin diselesaikan pada 2023.

Komisi C bersama dinas terkait terus bersinergi untuk pembangunan Kabupaten Kudus lebih baik.

"Kami terus terbuka menerima masukan-masukan masyarakat terkait mana saja jalan-jalan kabupaten yang harus segera diperbaiki.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved