Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Melalui University President Forum, UMP tegaskan Komitmen terhadap visi pembangunan Berkelanjutan

“UMP akan terus berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam UPF dalam rangka memperkuat jejaring internasional dan internasionalisasi UMP,"pungkasnya

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Forum rektor internasional yang bertajuk University President Forum (UPF) ke-12. 

TRIBUNJATENG.COM - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berkontribusi aktif dalam forum rektor internasional yang bertajuk University President Forum (UPF) ke-12.

Acara yang digelar oleh Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Kuala Lumpur campus itu berlangsung pada 1 - 3 November 2022 lalu.

Acara tersebut merpakan acara tahunan para pimpinan universitas dari seluruh dunia untuk saling bertukar pemikiran tentang isu-isu terkini yang sedang hangat dan menjadi tren.

Untuk tahun ini, tema yang diusung adalah “Reshaping Ideas and Practices in International Higher Education: Towards Sustainable Development for the World and Humanity”

Delegasi UMP dalam acara UPF adalah Wakil rektor 1 Bidang Akademik dan Kerjasama Ir. Aman Suyadi, S.P., M.P. dan Kepala Biro Urusan Internasional, Condro Nur Alim, PhD.

Dalam forum tersebut delegasi UMP menyampaikan pandangannya mengenai peran perguruan tinggi dalam mendukung program pembangunan berkelanjutan, dalam upaya pencapaian poin-poin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).

Menurut Condro, perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab yang besar untuk pencapaian seluruh poin SDG.

‘Saat ini perguruan tinggi harus lebih aktif berperan dalam pencapaian tujuan SDG, dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya’.

Lebih laanjut Condro juga memaparkan bahwa ada dua hambatan utama dalam mensukseskan SDG, yaitu kualitas sumber daya manusia dan ketersediaan infrastruktur pendukung.

“Sudah seharusnya semua perguruan tinggi mulai memikirkan bagaimana bisa berkontribusi dalam pencapaian SDG ini.

UMP terus berkomitmen dalam mendukung pembanguanan berkelanjutan ini dengan mengintegrasikan seluruh aspek akademik dan kultural,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Ir Aman Suyadi menjelaskan bahwa University President Forum merupakan acara internasional yang sangat strategis, yang bisa menjadi ajang untuk saling berkomunikasi dengan para pimpinan universitas dari seluruh dunia.

“UMP akan terus berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam UPF dalam rangka memperkuat jejaring internasional dan internasionalisasi UMP," pungkasnya (cdr/tgr)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved