Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Peduli Cianjur, Mapala Satria UMP Kirim Relawan untuk Bantu Tanggap Darurat

“Civitas Akademika UMP juga sudah menggelar doa bersama dan galang donasi untuk korban terdampak bencana gempa bumi di Cianjur,” jelasnya.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Mahasiswa Pecinta Alam Satria (Mapala Satria) UMP mengirimkan empat relawan untuk membantu tanggap darurat bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat 

TRIBUNJATENG.COM - Mahasiswa Pecinta Alam Satria (Mapala Satria) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengirimkan empat relawan untuk membantu tanggap darurat bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, sejak hari Rabu kemarin (23/11/2022) hingga Minggu mendatang (27/11/2022).

Keempat relawan tersebut yakni Amar Mubarok, Resa Sri Rahayu, Rahman Nur Adzmi, serta Luthfi Muhammad Anwar.

Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi Assesment Operasi SAR, Assesment Kemanusiaan, Search and Rescue, hingga penyaluran sumbangan kemanusiaan.

Ketua Mapala Satria UMP, Fari Rafi Adiana, mengatakan kegiatan kemanusiaan tersebut merupakan bentuk dari implementasi Tri Dharma perguruan tinggi, tepatnya pada poin ketiga yakni pengabdian kepada masyarakat

“Sudah menjadi keharusan bagi sebuah organisasi, khususnya Mapala UMP.

bahwasanya ientasi yang ada tidak hanya membumi pada alam melainkan juga dengan masyarakat,” kata Fari Rafi Adiana, saat dihubungi di Purwokerto pada Jumat (25/11/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, relawan kebencanaan tersebut menjadi wadah bagi anggota Mapala untuk selalu peka terhadap sesama dan menumbuhkan sikap sosial yang diharapkan mampu menularkannya kepada orang lain.

“Harapannya kegiatan seperti ini yang telah dilakukan oleh Mapala dapat menular dan diikuti oleh orang lain, khususnya kepada mahasiswa di UMP, karena hakikatnya tidak ada syarat untuk bersosial dan berkemanusiaan,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaanya Relawan Kebencanaan Mapala Satria UMP tersebut ada di bawah naungan SARMMI (SAR MAPALA Muhammadiyah Indonesia) yakni organisasi yang bersifat asosiasi, serta Sekretariat Bersama (Sekber) yang mewadahi potensi SAR dari mahasiswa pecinta alam pada tingkat perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

Sementara itu Rektor UMP Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan peduli Cianjur juga menjadi perhatian bagi segenap Civitas Akademika UMP mulai dari Dosen, Mahasiswa dan Karyawan.

“Civitas Akademika UMP juga sudah menggelar doa bersama dan galang donasi untuk korban terdampak bencana gempa bumi di Cianjur,” jelasnya.

Rektor berharap bencana di Cianjur segera berhenti, korban yang belum ditemukan segera ditemukan, ekonomi masyarakat kembali pulih, serta dapat kembali beraktifitas.

"Semoga mereka diberi ketabahan dan kekuatan untuk melewati musibah ini," pungkasnya. (zah/tgr)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved