Berita Blora

Pertamina EP dan PEPC Alas Kemuning Lakukan Penanaman Pohon di Desa Nglobo Blora

Pertamina EP, PEPC Alas Kemuning, dan Pemkab Blora melakukan penanaman pohon.

Penulis: ahmad mustakim | Editor: sujarwo
TRIBUNMURIA/AHMAD MUSTAKIM
Pertamina EP dan PEPC Alas Kemuning bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Blora melakukan penanaman pohon di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Kamis (24/11/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, BLORA – Pertamina EP dan PEPC Alas Kemuning bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Blora melakukan penanaman pohon di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora.

Kegiatan ini dihadiri Asisten 1 Bupati Blora, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Blora, Polsek Jiken, Kepala Desa Nglobo, pihak SKK Migas Jabanusa, Pertmina EP Cepu, hingga peserta undangan.

Asmen Petrolium Engenering Pertamina EP Cepu Field Andes Leo Purnomo mengungkapkan, penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Pertamina EP dan ADK yang dipelopori oleh SKK migas, atau K3S Jabanusa.

Hal ini sebagai rangkaian agenda dari Internasional Conference on Green Energy and Environment (Icogee) 2022 yang dilaksanakan di Bali.

"Itu acaranya tanggal 23 dan 24, kemarin tanggal 23 November dilaksanakan secara offline itu di Taman Hutan Raya Bali, dan sekarang secara serentak seluruh Indonesia tanggal 24 November dilakukan secara online," ucap Andes Leo Purnomo kepada tribunmuria.com, Kamis (24/11/2022).

Andes Leo Purnomo membeberkan, ribuan pohon dengan berbagai jenis akan ditanam di Desa Nglobo ini.

"Kami menanam 2480 pohon itu dari pohon jenis buah-buahan, dan pohon trembesi dan itu akan kita monitoring berkala," beber Andes Leo Purnomo.

Pertamina EP dan PEPC Alas Kemuning bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Blora melakukan penanaman pohon di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Kamis (24/11/2022).
Pertamina EP dan PEPC Alas Kemuning bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Blora melakukan penanaman pohon di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Kamis (24/11/2022). (TRIBUNMURIA/AHMAD MUSTAKIM)

"Untuk memastikan bahwa memang benar pohon-pohon itu tumbuh dengan baik, kita menanam pohon di area wilayah kerja kita di distrik II Nglobo itu masuk kabupaten Blora," imbuh Andes Leo Purnomo.

Pihaknya akan melakukan pengecekan rutin setiap tahun, tentu saja berkoordinasi dengan K3S yang dipelopori oleh SKK migas Jabanusa.

"Memilih tempat ini karena memang nglobo ke depannya akan banyak kegiatan juga di sini, harapannya dengan menanam pohon itu hubungan baik juga ke masyarakat kita libatkan," terang Andes Leo Purnomo.

Termasuk tujuan utama Icogee sendiri untuk penurunan gas emisi yang ada di wilayah Blora.

"Kalau pohon buah untuk lebih kita nikmati ke depannya kelihatan hasilnya, kalau untuk trembesi lebih ke arah penanggulangan bencana, karena sekarang lagi musim hujan, longsor, banjir. Ada buah kelengkeng, rambutan, mangga, nangka, berbagai macam," papar Andes Leo Purnomo.

Mewakili Bupati Blora, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekertariat Daerah, Hariyanto, mengatakan, hari ini kegiatan tindak lanjut G20 di Bali.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah penanaman pohon yang dilaksanakan oleh Pertamina, PEPC ADK dan SKK Migas.

"Ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa, dan insyaallah bermanfaat dan mengurangi erosi, kemudian memberikan kesempatan bagi lingkungan sekitar kita seperti burung-burung," ucap Hariyanto.

Pihaknya berterima kasih terkait pelaksanaan penanaman pohon pada hari ini.

"Ke depannya penanaman pohon tetap dirawat, pertumbuhan perkembangan pohon-pohon," pungkas Hariyanto. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved