Unsoed Purwokerto

FinancePhoria Unsoed dan Bank Mandiri (Persero) TBk Talkshow: Literasi Keuangan bagi Mahasiswa

FEB Unsoed bekerjasama dengan Bank Mandiri Tbk Kantor Perwakilan Purwokerto mengadakan Talk Show Literasi Keuangan “Financephoria”.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
FinancePhoria Unsoed dan Bank Mandiri (Persero) TBk Talkshow: Literasi Keuangan bagi Mahasiswa 

TRIBUNJATENG.COM - Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (FEB Unsoed) bekerjasama dengan Bank Mandiri Tbk Kantor Perwakilan Purwokerto mengadakan Talk Show Literasi Keuangan “Financephoria” dengan tema : ”Improving Youth Financial Literacy”, Jumat (25/11). Kegiatan berlangsung di Ruang Seminar, Laboratorium Terpadu Lantai 6 FEB Unsoed.

FinancePhoria Unsoed dan Bank Mandiri (Persero) TBk Talkshow: Literasi Keuangan bagi Mahasiswa
FinancePhoria Unsoed dan Bank Mandiri (Persero) TBk Talkshow: Literasi Keuangan bagi Mahasiswa (IST)

Pembicara pada Webinar ini adalah Rahmani Tri Retno Widowati (AVP Bank Mandiri TBK Purwokerto) dan Winti Hapsari (Kasubag Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Purwokerto). 

Financephoria digelar bertepatan dengan acara Anniversary ke- 3 Galeri Investasi FEB Unsoed.

Acara dibuka oleh Yudha Aryo Sudibyo, SE, M.Sc, Ak, Ph.D, CA selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Unsoed.

Merujuk survei OJK, tingkat literasi keuangan di Indonesia masih relatif rendah sekitar 38persen di tahun 2021.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Financephoria ini para mahasiswa bisa mendapat pengetahuan dan semakin terbuka wawasannya dalam memilih instrumen keuangan untuk menabung dan berinvestasi, sehingga dapat berpartisipasi mendukung kegiatan perekonomian yang berkualitas.

Winti Hapsari, Perwakilan OJK memaparkan peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor Perbankan, sektor Pasar Modal, dan sektor IKNB.

OJK juga memiliki peran dalam bentuk pelayanan pengaduan konsumen yang meliputi penyiapan perangkat yang memadai, membuat mekanisme pengaduan konsumen, dan memfasilitsi penyelesaian pengaduan seperti pinjaman online dan berbagai bentuk investasi melalui aplikasi.

Pembicara kedua, Rahmani Tri Retno Widowati memaparkan bahwa mahasiswa dalam meraih kebebasan finansial dan mencapai tujuan-tujuan keuangan lainnya harus mampu merencanakan keuangan.

Mahasiswa juga perlu menambah pengetahuan tentang produk keuangan dan investasi yang ada dan disiplin diri dalam mengatur keuangan pribadi, diantaranya miliki aset produktif dan hindari aset konsumtif, gaya hidup sederhana atau kendalikan keinginan, belilah yang dibutuhkan bukan yang diinginkan, akumulasikan kekayaan selagi muda dan belajar untuk berinvestasi. 

Dalam kesempatan tersebut Bank Mandiri juga menyerahkan hadiah-hadiah bagi mahasiswa Unsoed yang telah menggunakan rekening Bank Mandiri dalam membayar SPP Unsoed.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved