Berita Jateng

BPR dan BPRS Diminta Menjangkau Semakin Banyak UMKM dalam Musda VIII Perbarindo Jateng

Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Jawa Tengah menggelar musyawarah daerah (musda) ke VIII di Semarang.

Editor: rival al manaf
Istimewa
Kesepakatan kerjasama yang terjalin dalam Musda Perbarindo Jateng. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Jawa Tengah menggelar musyawarah daerah (musda) ke VIII di Semarang.

Dalam kegiatan itu mereka sepakat untuk lebih fokus menggandeng UMKM di wilayah Jawa Tengah dan membantu mereka dengan permodalan.

Perbarindo juga mengajak beberapa perusahaan besar di Jawa Tengah untuk ikut bersama mendampingi UMKM dalam mengembangkan usaha mereka.

Baca juga: Cek Ramalan Bintang Horoskop Minggu 27 November 2022: 4 Zodiak Paling Rasional

Baca juga: Simak Ramalan Horoskop Cina Minggu 27 November 2022: 5 Shio Cocok Jadi Sahabat

Baca juga: Kalender Jawa 27 November 2022, Watak Weton Minggu Pahing: Baik Hati

Dalam Musda VIII yang digelar pada 23 November 2022, di Patrajasa Hotel & Convention Center terbangun kolaborasi bersama antara Perbarindo, Bank Jateng, PT Jamkrida Jateng, dan PT Teguh Aman Lestari yang tertuang dalam kesepakatan kerjasama.

Ketua Perbarindo DPD Jateng, Dadi Sumarsana menjelaskan kesepakatan kerjasama meliputi melakukan pendampingan, memberikan ruang dan akses untuk pelaku UMKM atau generasi muda milenial yang ingin mengembangkan dan memajukan UMKM-nya.

"Dengan kerjasama ini kami ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah yang saat ini memang didorong oleh pertumbuhan UMKM," terangnya dalam press release.

Kegiatan MUSDA VIII juga dihadiri beberapa sosok penting dalam bidang perekonomian wilayah Jateng, di antaranya adalah Aman Santosa (Kepala OJK Kr 3 Wilayah Jateng & DIY), Agus Prasutio (Analisis Kebijakan Ahli Madya Biro Perekonomian SETDA Prov Jateng), Onny Suharsono (Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasuri & Unit Usaha Syariah Bank Jateng), Budi Joyo Santoso (Lembaga Penjamin Simpanan), Noviarsano Manullang (Kepala Divisi Deputi Direktur mewakili Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Tengah).

"Kami menyampaikan terima kasih atas waktu yang telah diberikan untuk hadir dalam acara Musda VIII Perbarindo, terlebih lagi kesediaan para tamu undangan yang telah memberikan sambutan, masukan atau bahan pertimbangan untuk Perbarindo DPD Jateng ke depannya," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Agus Prasutio Analisis Kebijakan Ahli Madya Biro Perekonomian SETDA Jateng yang hadir mewakili Gubernur menyampaikan harapan agar BPR/BPRs semakin hadir berperan di lingkungan masyarakat dalam pemulihan ekonomi.

Hal itu karena saat ini UMKM masih banyak mengalami masalah yaitu permodalan dan pembiayaan.

“BPR/BPRs agar memberikan pinjaman permodalan dan melakukan pendampingan untuk pengembangan bisnis UMKM."

"Kini BPR juga harus sigap dengan memanfaatkan teknologi digital dalam memberdayakan UMKM, serta harus mampu menjadi penopang untuk ekonomi masyarakat terutama di Wilayah Jawa Tengah,”  imbuh Agus Prasutio. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved