Berita Nasional

Metafora Jokowi Dinilai Merujuk Dukung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir

Pak Erick Thohir itu salah satu pemimpin yang sering turun ke masyarakat dan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir saat bersama Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 

TRIBUNJATENG.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disinyalir kembali memberikan kode keras kepada relawan melalui metafora untuk memberikan dukungan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Kiasan tersebut, Jokowi mengajak relawan memberikan dukungan kepada pemimpin yang berambut putih memikirkan rakyat dan tidak terlalu nyaman dengan dinginnya AC istana.

Rekomendasi ini diungkapkan secara metafora oleh orang nomor satu di Indonesia dalam acara bersama para relawan di Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11).

Dalam pernyataannya Presiden Jokowi mengajak masyarakat dan para relawan untuk memilih pemimpin yang betul-betul memikirkan rakyat dan tidak hanya bekerja dari dalam istana namun mau turun langsung mengunjungi masyarakat.

Presiden Jokowi bahkan secara gamblang menyatakan bahkan pemimpin yang betul-betul memikirkan rakyat adalah yang memiliki rambut putih. Referensi tersebut merujuk kepada Ganjar Pranowo.

Kemudian pemimpin yang tidak terpengaruh dengan nyamannya adalah Erick Thohir karena kerap turun ke masyarakat untuk merealisasikan berbagai program sebagai menteri andalan dan terbaik Presiden Jokowi. 

“Memang yang dirujuk oleh Presiden Jokowi adalah Bapak Ganjar Pranowo.

Pak Erick Thohir itu salah satu pemimpin yang sering turun ke masyarakat dan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi,” tutur Pengamat Politik, Ahmad Hidayah, Minggu (27/11).

Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute (TII) ini juga mengatakan Presiden Jokowi menginginkan pemimpin selanjutnya memiliki kepemimpinan yang dekat dengan masyarakat.

Seperti rajin turun ke masyarakat dan tidak menjaga jarak antara yang dipimpin dan yang memimpin.

Maka dari itu dua pemimpin tersebut dinyatakan masuk ke dalam referensi pemimpin yang diinginkan oleh Presiden Jokowi untuk Indonesia ke depannya. 

“Pak Ganjar Pranowo memiliki karakter kepemimpinan seperti Pak Jokowi dan kemungkinan dalam waktu dekat akan diusung.

Kemudian Pak Erick Thohir memiliki hubungan dekat dengan Presiden Jokowi mulai dari TKN hingga saat ini,” pungkas Ahmad. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved