GIIAS di Kota Semarang

Wow, Pajak Kendaraan Ini Setahun Tak Lebih dari Rp 60 Ribu

Motor turut andil ciptakan ekosistem ramah lingkungan, salah satunya United E-Motor.

Penulis: faisal affan | Editor: sujarwo
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
United E-Motor meluncurkan motor listrik tipe TX3000 dan TX1800 yang dibandrol mulai Rp 39,8 jutaan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Akhir-akhir ini kendaraan roda dua juga turut andil dalam menciptakan ekosistem ramah lingkungan. Salah satunya produsen kendaraan listrik lokal United E-Motor yang mengeluarkan TX Series.

Kendaraan listrik TX Series merupakan kolaborasi antara PT Pengusaha Muda Elektrik Motorindo (PMEM) Semarang dan ATPM PT Terang Dunia Internusa (TDI). Kendaraan listrik tersebut diproduksi di Bogor, Jawa Barat.

CEO PT Pengusaha Muda Elektrik Motorindo, Wulan Rudy Prasetya, mengatakan TX Series terdiri dari dua tipe motor. Yakni TX3000 dan TX1800 yang diluncurkan resmi bersamaan dengan ajang GIIAS di Kota Semarang.

"Penciptaan dua motor listrik ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan kendaraan hemat, efisien, dan tentu ramah lingkungan. Karena harga BBM semakin meningkat maka kendaraan listrik merupakan pilihan dan solusi kedepan," jelasnya.

Pihaknya menambahkan, pajak kendaraan listrik TX3000 dan TX1800 diklaim per tahun tidak lebih dari Rp 60 ribu. Bahkan dalam kondisi baterai penuh, TX3000 bisa menempuh jarak hingga 120 kilometer.

"Kendaraan ini pajaknya sangat murah. Hanya Rp 60 ribu saja per tahun. Bahkan untuk sekali pengisian baterai TX1800, hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 2.400 hingga baterai penuh," ucapnya.

Tak hanya diminati oleh masyarakat, beberapa instansi pemerintah bahkan sudah membeli motor listrik buatan United E-Motor. Di antaranya Pemkab Semarang, Demak, Jepara, dan Gorontalo.

"Ke depan masih ada kemungkinan instansi lain akan menggunakan motor listrik ini untuk operasional pemerintahan," tambahnya.

Sementara itu, Candra Sigit Mujana, General Manager PT Pengusaha Muda Elektrik Motorindo Semarang menjelaskan United E-Motor saat ini telah mengeluarkan produk terbaru yakni TX3000 dan TX1800, yang mana merupakan penyempurnaan dari produk terdahulunya T1800 yang telah banyak masyarakat gunakan.

"Setelah peluncuran United E-Motor T1800 pada tahun 2020 lalu, kami tertantang untuk mempersiapkan varian baru lainnya. Kini, kami hadirkan 2 tipe terbaru dari United E-Motor Tech yaitu TX3000 dan TX1800 dengan berbagai spesifikasi unggulannya,” terangnya.

Candra menambahkan, untuk tipe United E-Motor TX3000 ini setara dengan motor konvensional berkapasitas 160cc, dengan dibekali motor listrik 3000 watt maka kestabilan dan responsif sangat signifikan.

Dibekali dengan dua baterai Lithium 60V28AH dengan berat 11,6Kg mampu menjelajah hingga 120 KM. Beragam fitur turut melengkapi kedua tipe terbaru United E-Motor Tech tersebut, seperti Digital Panel Display, Built-in Bluetooth, One-Key Easy Opening, serta Hydraulic Hinged Seat.

"TX3000 mampu bergerak bebas di berbagai medan, mulai dari tipikal jalanan perkotaan hingga rute curam perbukitan. Manuver lebih lincah dan melesat dengan cepat hingga 90 km/jam, TX3000 dilengkapi spesifikasi 2 Slots Lithium Battery yang menjadikannya mampu menempuh jarak hingga 120 km. Dari segi keamanan, TX3000 dilengkapi dengan sistem pengereman Combi Brake System (CBS). TX3000 dibanderol dengan harga Rp. 55.600.000,- (OTR Semarang)," bebernya.

Sementara itu, TX1800 dapat melaju hingga kecepatan 75 km/jam, dan memiliki jarak tempuh hingga 65 km. TX1800 dibanderol dengan harga Rp. 39.800.000,- (OTR Semarang).

"Untuk varian warna ada Putih, Hitam, Kuning, dan Abu-abu ada di TX3000, sedangkan TX1800 ada warna Abu-abu, Putih, dan Merah. Untuk masyarakat yang menanyakan servis, tentunya jangan cemas karena motor listrik sangat minim perawatan dan sangat murah sparepartnya," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved