Berita Nasional

Presiden Jokowi Ingin Pemimpin Merakyat, Pengamat: Ganjar Pranowo dan Erick Thohir

Presiden Joko Widodo menyatakan keinginannya agar penerus pemimpin Indonesia selanjutnya sosok yang merakyat turun ke bawah.

Editor: Editor Bisnis
IST
Menteri BUMN Erick Thohir saat bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 

TRIBUNJATENG.COM - Presiden Joko Widodo menyatakan keinginannya agar penerus pemimpin Indonesia selanjutnya sosok yang merakyat turun ke bawah. Orang nomor satu di Indonesia ini mengatakan pemimpin yang baik adalah yang benar-benar memikirkan masyarakat dan tidak hanya bekerja di dalam istana namun juga mau turun ke bawah.

Banyak tafsir terhadap sinyal yang diberikan oleh Presiden Jokowi ini mendekati tahun politik 2024. Pengamat Politik Ahmad Hidayah menafsirkan calon pemimpin yang diinginkan oleh Presiden Jokowi adalah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Ia melihat dua pemimpin tersebut memiliki karakter kepemimpinan yang tidak jauh berbeda dengan Presiden Jokowi. Baik Ganjar Pranowo dan Erick Thohir adalah pemimpin yang kerap turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi maupun merealisasikan berbagai program.

“Memang yang dirujuk oleh Presiden Jokowi adalah Bapak Ganjar Pranowo. Pak Erick Thohir juga salah satu pemimpin yang sering turun ke masyarakat serta memiliki hubungan yang sangat dekat dengan beliau," terang pria yang akrab disapa Ahmad tersebut.

Baik Ganjar Pranowo dan Erick Thohir saat ini terus digadang-gadang oleh masyarakat untuk mengikuti pilpres 2024. Keduanya memiliki rekam jejak luar biasa dalam hal kepemimpinan.

Seperti halnya Ganjar Pranowo yang sering turun ke masyarakat Jateng untuk mengentaskan kemiskinan. Terbukti angka kemiskinan Jateng menurun hampir menyentuh angka lima persen. 

Sementara itu, Erick Thohir menjadi kandidat cawapres paling potensial di peta perpolitikan Indonesia. Eks Presiden Inter Milan ini kerap turun ke masyarakat untuk merealisasikan berbagai program.

Program-program ini di antaranya adalah KUR, Mekaar, Makmur, Solusi Nelayan, Energi Tani, Santripreneur dan Pesantrenpreneur. Ia juga menjadi menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi karena berhasil menyelesaikan berbagai tugas strategis negara.

Tugas-tugas ini adalah menanggulangi Covid-19, memulihkan ekonomi nasional dengan membantu masyarakat dan negara serta membersihkan Kementerian BUMN dari oknum-oknum koruptor. Terbaru bahkan Erick Thohir menerima amanah untuk menggelar acara pernikahan anak Presiden Jokowi yakni Kaesang Pangarep sekaligus pesta rakyat Solo.

Maka dari itu, Ahmad mengatakan kemungkinan besar Presiden Jokowi merujuk kepada dua sosok pemimpin tersebut yakni Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute (TII) tersebut bahkan mengatakan kemungkinan dalam waktu dekat Ganjar Pranowo akan diusung oleh parpol yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi.

"Pak Ganjar kemungkinan akan diusung oleh partainya Presiden Jokowi dan Erick Thohir berpotensi diusung karena sudah menjadi orang kepercayaan mulai dari TKN, menteri dan sekarang urusan pernikahan anaknya,” tutup Ahmad.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved