Berita Semarang

Video Bersih-bersih 10 Pantai dan Sungai, Alumni Planologi Undip Dapat Penghargaan Leprid

IKA Planologi Undip dan HMTP mengadakan bersih pantai dan sungai, Minggu (27/11).

Penulis: faisal affan | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Berikut video Bersih-bersih 10 Pantai dan Sungai, Alumni Planologi Undip Dapat Penghargaan Leprid.

Dalam rangka merayakan 30 tahun Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (DPWK) Universitas Diponegoro, Ikatan Alumni (IKA Planologi Undip) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi (HMTP) mengadakan bersih pantai dan sungai, Minggu (27/11/2022).

Wiwandari Handayani Ketua Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Undip, mengatakan pembersihan sungai dan pantai tidak hanya dilakukan di Kota Semarang saja. Melainkan ada 10 titik di seluruh wilayah Indonesia.

"Total ada 10 titik pantai maupun sungai yang menjadi fokus program bersih-bersih ini. Total sampah yang dikumpulkan dari hasil bersih-bersih sungai dan pantai yakni 15,9 ton," terangnya.

Rukuh menambahkan, 10 titik tersebut terdiri dari wilayah Medan, Indramayu, Pekalongan, Batang, Kepulauan Seribu, Kalimantan, Samarinda, dan lainnya. Total ada 1.000 orang yang terlibat dalam program ini.

"Kegiatan ini merupakan program untuk menumbuhkan kekeluargaan antara ikatan alumni dengan mahasiswa. Tentu dengan melakukan kegiatan positif yang bisa berkontribusi kepada negeri," tegasnya.

Bersih-bersih pantai dan sungai juga menjadi media edukasi kepada mahasiswa, bahwa pentingnya menjaga ekosistem sungai dan pantai. Karena kehidupan di bawah air juga harus jadi prioritas," ucapnya.

Di lain pihak, Mohammad Saleh Ketua Ikatan Alumni Planologi Undip, ingin kegiatan semacam ini bisa berjalan dengan rutin setiap tahun. Terutama untuk mengajak mahasiswa-mahasiswa baru melakukan aksi besar yang penting untuk alam Indonesia.

"Kalau bisa kami ingin kegiatan semacam ini rutin diadakan dan semakin besar partisipasi dari alumni maupun mahasiswa," tutupnya.

Tak hanya bersih-bersih sungai dan pantai saja, panitia juga mengadakan kegiatan Planologi Art and Street Food in Semarang. Dalam kegiatan tersebut, diisi dengan pertunjukkan musik, pameran seni, dan kuliner. Bahkan, rangkaian perayaan ulang tahun DPWK Universitas Diponegoro mendapatkan apresiasi dari Lembaga Prestasi Dunia Indonesia (Leprid). (afn)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved