Berita Semarang

Bank Mandiri dan BPD Jateng Bekerjasama Terbitkan Kartu Kredit Pemerintah Domestik

Bank Mandiri berkomitmen mendukung pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah.

Penulis: faisal affan | Editor: sujarwo
Dok. Bank Mandiri
Bank Mandiri dan Bank Jateng melakukan penandatanganan kerjasama penyediaan layanan Kartu Kredit Pemerintah Domestik di Bank Mandiri University Semarang, Rabu (30/11/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bank Mandiri terus berkomitmen mendukung pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah guna meningkatkan efisiensi pemanfaatan APBN/APBD dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Satu di antara penerapannya, Bank Mandiri menggandeng BPD Jateng untuk menerbitkan Kartu Kredit Pemerintah Domestik (KKP Domestik) guna memenuhi kebutuhan transaksional satuan kerja dengan efektif dan efisien.

Harapannya, inisiatif ini dapat menjaga cash flow pelaku usaha ritel maupun korporasi yang menjadi mitra satuan kerja Bank Jateng

Selain itu, sejalan dengan  program pemerintah dalam rangka aksi afirmasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI).

Khususnya aspek sistem pembayaran KKP Domestik adalah skema pembayaran berbasis fasilitas kredit untuk memfasilitasi transaksi pemerintah pusat dan daerah dalam bentuk Kartu Kredit Pemerintah yang diproses secara domestik.

Bank Mandiri dan Bank Jateng melakukan penandatanganan kerjasama penyediaan layanan Kartu Kredit Pemerintah Domestik di Bank Mandiri University Semarang, Rabu (30/11/2022).
Bank Mandiri dan Bank Jateng melakukan penandatanganan kerjasama penyediaan layanan Kartu Kredit Pemerintah Domestik di Bank Mandiri University Semarang, Rabu (30/11/2022). (Dok. Bank Mandiri)

“Kerjasama Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah Domestik ini menjadi bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap objektif Gerakan Bangga Buatan Indonesia, serta sejalan dengan kebijakan sistem pemerintahan untuk transaksi cashless yang berbasis transaksi domestik atau dalam negeri dalam mengelola likuiditas keuangan negara melalui sistem pembayaran nasional," ujar Hendra Wahyudi, Regional CEO PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Wilayah Jateng & DIY, Rabu (30/11/2022).

Tak hanya itu, mekanisme kartu kredit pemerintah atau daerah ini akan menjadi solusi transaksi pembayaran non-tunai yang dapat meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, meminimalisasi uang tunai, mengurangi fraud dari transaksi tunai serta mengurangi idle cash.

Nantinya, sistem ini akan mengoptimalkan penggunaan uang persediaan oleh Satuan Kerja atau Daerah untuk kebutuhan belanja operasional ataupun belanja perjalanan dinas.

“Dengan kerjasama ini tentu akan membantu Satuan Kerja di Daerah Jawa Tengah menjadi lebih efisien serta meningkatkan prudential dan transparansi dalam pengelolaan anggaran daerah. Bersama Bank Mandiri, BPD Jateng pun telah menjalin berbagai kolaborasi kerjasama baik dari kerjasama cash management, treasury, dan trade serta kerja sama lainnya," pungkas Hendra. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved