KKN UNDIP

UNDIP Adakan Kegiatan Pagelaran Kesenian Nguri-uri Budaya Jawa Kuda Lumping

Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan Pagelaran Kesenian Nguri-uri Budaya Jawa Kuda Lumping di daerah Lingkar Kampus Utama Tembalang dan sekitar.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Pagelaran Kesenian kuda lumping oleh Paguyuban Turonggo Taruno Jati 

TRIBUNJATENG.COM - Universitas Diponegoro mengadakan kegiatan Pagelaran Kesenian Nguri-uri Budaya Jawa Kuda Lumping di daerah Lingkar Kampus Utama Tembalang dan sekitarnya pada tanggal 20 dan 26 November 2022.

Pagelaran pertama pada 20 November 2022, dibuka oleh tarian anak-anak setempat dilanjutkan dengan kesenian kuda lumping yang ditampilkan oleh Paguyuban Wahyu Sekar Ngremboko.

Paguyuban tersebut membawakan tarian yang dikemas apik dari awal hingga akhir acara.

Selain itu juga dimeriahkan dengan adanya bazar UMKM yang berasal dari masyarakat setempat.

Pagelaran kedua pada 26 November 2022 merupakan puncak acara yang dilaksanakan di Sanggar Seni Jurang Belimbing, Tembalang.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi dengan durasi yang lebih lama yaitu mulai pukul 13.00 hingga 00.00

Acara dibuka dengan beberapa sambutan dari dosen pembimbing dan tamu undangan, yang dilanjutkan dengan penampilan tarian anak-anak setempat.

Sesi pertama diawali penampilan kesenian kuda lumping oleh Paguyuban Turonggo Taruno Jati yang menampilkan beberapa tarian, mulai dari pembukaan, klimaks hingga tarian penutup.

Sesi kedua diawali penampilan tarian anak-anak yang berasal dari "Sanggar Seni Sekar Arum".

Acara dilanjut dengan penampilan dari Paguyuban Turonggo Tunggak Semi yang membawakan tiga jenis tarian.

Puncak acara kesenian tersebut terlaksana dengan aman dan lancar, ditemani dengan antusias penonton yang semakin malam semakin ramai.

Kegiatan pagelaran kesenian kuda lumping pada Jurang Belimbing merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membawa pengaruh baik masyarakat agar dapat ikut serta melestarikan budaya di sekitarnya.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved