Berita Semarang

Hanwha Life dan Lippo Group Lakukan Kerjasama Strategis

Hanwha Life Insurance Co, Ltd dan Lippo Group menandatangani nota kesepahaman (MoU).

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: sujarwo
Hanwha Life
CEO Hanwha Life Insurance Co., Ltd, Yeo Seung Joo (kiri) bersama CEO PT Multipolar Tbk, Adrian Suherman (kanan) dalam acara penandatanganan MoU Hanwha Life dan Lippo Group di Jakarta baru-baru ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Hanwha Life Insurance Co, Ltd (Hanwha Life Korea) dan Lippo Group menandatangani nota kesepahaman (MoU). Penandatanganan MoU ini akan memperluas kerjasama antara Hanwha Group dan Lippo Group di berbagai sektor.
 
CEO Hanwha Life Insurance Co, Ltd, Yeo Seung Joo dan CEO PT Multipolar Tbk, Adrian Suherman menandatangani MoU tersebut, dengan disaksikan oleh CEO PT Hanwha Life Insurance Indonesia, Steven Namkoong bersama Presiden Komisaris PT Lippo General Insurance Tbk, Felix Ali Chendra, serta jajaran manajemen Hanwha Life dan Lippo Group
 
Penandatanganan MoU Hanwha Life dan Lippo Group menjadi salah satu agenda dalam kunjungan CEO Hanwha Life Korea ke Indonesia. Sebelumnya, pada 13-14 November 2022, CEO Yeo Seung Joo menghadiri Forum B20, bagian dari rangkaian acara KTT G20 di Bali.

Juga, ikut serta dalam pertemuan Korea-Indonesia Business Roundtable bersama Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.  

“Hanwha Life adalah perusahaan asuransi Korea pertama yang masuk ke Indonesia. Secara grup, kami memiliki komitmen yang besar untuk Indonesia. Melalui penandatanganan MoU ini, Hanwha Life dan Lippo Group berkomitmen untuk merintis masa depan bersama di Indonesia, sekaligus membuka peluang kerja sama dalam berbagai sektor selain asuransi, misalnya dalam sektor finansial (bank digital, manajemen aset, dll), teknologi digital dan kesehatan," kata CEO Hanwha Life Insurance Co, Ltd Yeo Seung Joo dalam keterangannya.
 
Hanwha Life Insurance Co, Ltd merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di Korea, dengan aset sebesar Rp1.881 triliun (KRW163,6 triliun) pada 2021. Anak perusahaannya, PT Hanwha Life Insurance Indonesia, telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 24 Oktober 2013, dengan aset Rp2,06 triliun pada Kuartal III 2022.
 
“Kerja sama dengan Lippo Group akan membawa Hanwha Life tumbuh semakin kuat di Indonesia. Dengan spirit Add Value, Build Dream dan Lead Culture, Hanwha Life Indonesia siap untuk menjadi No.1 InsurTech dalam kompetensi bisnis,” tegas CEO PT Hanwha Life Insurance Indonesia, Steven Namkoong.
 
Disebutkan lebih lanjut, Hanwha Life adalah bagian dari Hanwha Group, grup konglomerasi (chaebol) terbesar ke-7 di Korea yang memiliki pengalaman selama 70 tahun. Pada tahun 2021, total aset Hanwha Group mencapai lebih dari Rp2.500 triliun (KRW224,6 triliun).

Hanwha Group, yang masuk dalam daftar perusahaan Fortune Global 500 (Rank 306 pada 2022) maupun Forbes Global 2000 (Rank 708 pada 2022), adalah pemimpin global dalam industri petrokimia, aerospace, energi terbarukan, teknologi keamanan, konstruksi, properti, hospitality & leisure, serta finansial.  
 
Sementara, PT Multipolar Tbk adalah bagian dari Lippo Group, salah satu grup konglomerasi asal Indonesia yang terbesar di Asia dengan diversifikasi bisnis paling beragam. Lippo Group bergerak di berbagai sektor, antara lain properti, retail, hospitality & leisure, kesehatan, pendidikan, media, telekomunikasi, elektronik, finansial dan teknologi digital.
 
Saat ini, Hanwha Group juga sedang dalam proses akuisisi 62,6 persen saham PT Lippo General Insurance Tbk, bisnis asuransi milik Lippo Group. Adapun, sampai dengan 28 November 2022, proses akuisisi ini masih dalam proses persetujuan OJK.
 
“Penandatangan kerja sama ini menjadi sebuah permulaan bagi Hanwha Life dan Lippo Group untuk bersama-sama meraih peluang yang sangat besar di masa depan,” ujar CEO PT Multipolar Tbk, Adrian Suherman. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved