Berita Sukoharjo

Dinkominfo Sukoharjo Hadiri Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Smart City

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika, menghadiri Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
khoirul Muzaky
Seminar dan pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 bertajuk “Recover Together, Recover Stronger” di Jakarta,  pada 30 November – 1 Desember 2022.  

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO- Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika, menghadiri Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar seminar dan pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 bertajuk “Recover Together, Recover Stronger” di Jakarta,  pada 30 November – 1 Desember 2022. Kegiatan itu dihadiri perwakilan dari 141 kabupaten dalam rangka evaluasi implementasi program Smart City 2022.

Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) Kemkominfo, Bambang Dwi Anggono atau akrab disapa Ibenk  menyampaikan, acara ini merupakan rangkaian kegiatan penutupan gerakan Smart City 2022 bagi 141 kabupaten/kota yang telah berhasil melakukan implementasi program Smart City.

“Mereka (daerah) punya kearifan dan kebutuhan lokal, dan kita dorong. Tantangannya bagaimana daerah berinovasi dengan melibatkan masyarakat terdampak positif sebanyak-banyaknya. Semakin banyak masyarakat terdampak positif maka (daerah) itu akan berprestasi,” katanya, Sabtu (3/12/2022). 

Direktur Ibenk mengatakan, pada Rabu (30/11/2022) telah dilaksanakan sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bagi jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di seluruh Indonesia baik secara online maupun offline.

Hal itu untuk mengukuhkan kesiapan jajaran Diskominfo pemerintah daerah dalam mengimplementasikan SPBE  sekaligus menjadi motor implementasi Smart City di Indonesia. 

Menurut dia, Gerakan Smart City bertujuan untuk membimbing kabupaten dan kota di seluruh Indonesia dalam rangka merancang pembangunan berbasis digital dengan memperhitungkan potensi dan tantangan di setiap daerah.

Smart City disebutnya merupakan langkah strategis untuk menyikapi rencana pembangunan secara terpadu. Ia berharap pemerintah daerah bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah lain, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat yang memunculkan berbagai inisiatif serta berdampak positif.

Ia mengklaim Kemkominfo telah memfasilitasi interkoneksi dengan pihak-pihak terkait dalam pengembangan Smart City. Kemkominfo melalui Direktorat LAIP pun merencanakan akan menambah 50 kabupaten/kota dalam pendampingan masterplan Smart City pada 2023 mendatang.

“Kami berharap kepala daerah (bupati/walikota) memiliki keberanian inovasi dengan melakukan terobosan-terobosan untuk kepentingan masyarakat, "katanya. (*)

 

Baca juga: Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran Halaman 201 203 205 206 Bermain Peran

Baca juga: Koalisi Rakyat Semarang Kawal RKUHP Suarakan Tuntutan di Tugu Muda

Baca juga: Wakapolresta Cilacap Resmi Tutup Pelatihan Kerja Siswa SPN Polda Jateng di Polresta Cilacap

Baca juga: HUT PGRI ke-77 & Hari Guru Nasional 2022 : Jokowi Ucapan Terima Kasih pada Para Guru di Masa Pandemi

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved