USM

Fakultas Psikologi USM Gelar Workshop Penulisan Buku Referensi

Pentingnya penulisan buku refrensi adalah mengembangkan ilmu pengetahuan, mengembangkan kepakaran penulis, meninggalkan warisan dan kenaikan pangkat

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
ambar tangkapan layar saat berlangsungnya acara 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG-Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan workshop penulisan buku referensi bagi dosen Fakultas Psikologi USM yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 26 November 2022 melalui Online dengan aplikasi zoom.

Workshop ini dipandu oleh Feti Pratiwi SPsi MPSi Psikolog yang merupakan dosen Fakultas Psikologi USM yang menyampaikan serangkaian kegiatan dari sambutan, pemaparan materi sampai dengan diskusi dan penutup.

Kegiatan ini dilaksankan karena terkait dengan bidang pendidikan salah satunya yaitu peningkatan mutu perkuliahan melalui penyediaan sumber belajar cetak sesuai dengan krateristik mata kuliah dan perkembangan iptek melalui program penulisan buku referensi bagi dosen.

Penulisan buku referensi bagi dosen bersumber dari hasil pemikiran dan hasil penelitian sebagai realisasi dari pengalaman melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dan penerapan perkembangan keilmuan psikologi. 

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Psikologi USM yang menyampaikan bahwa pada kegiatan workshop penulisan buku referensi tentunya sangat bermanfaat  bagi kita semua.

Kita semua dapat belajar bagaimana menulis buku referensi secara detail dan bagus, selain itu kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan potensi kita untuk diri sendiri sebagai dosen, Kepada mahasiswa serta untuk meningkatkan kita dalam jabatan fungsional bagi sebagai dosen atau pengajar. 

Workshop ini berlanjut dengan pemaparan materi oleh Annastasi Ediati, S.Psi., M.Sc., Ph.D yang merupakan Dosen Fakultas Psikologi UNDIP menyampaikan mengenai Strategi Penulisan Buku.

“Pentingnya penulisan buku refrensi adalah mengembangkan ilmu pengetahuan, mengembangkan kepakaran penulis, meninggalkan warisan dan kenaikan pangkat/jabatan fungsional.

Buku referensi adalah suatu tulisan dalam bentuk buku (ber-ISBN) yang substansi pembahasannya pada satu bidang ilmu kompetensi penulis.

Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu: rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan (novelty/ies),  metodologi pemecahan masalah , dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, kesimpulan, dan daftar pustaka yang menunjukkan rekam jejak kompetensi penulis,” ungkap Annastasi Ediati.

Kegiatan ini dihadiri 30 peserta dari semua dosen Fakultas Psikologi USM , kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan dengan tujuan meningkatkan kapasitas dosen dalam menulis buku referensi sebagai bagian penting tanggung jawab akademik dan menjadi salah satu capaian kinerja lembaga akademik Fakultas Psikologi USM. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved