Berita Nasional

Kemenkominfo Resmi Matikan Siaran TV Analog di Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya

KemenKominfo telah mematikan sinyal TV analog di wilayah Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Batam mulai hari ini, Sabtu (3/11/20

Editor: m nur huda
tribunnews
Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) telah mematikan sinyal TV analog di wilayah Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Batam mulai hari ini, Sabtu (3/11/2022), 

TRIBUNJATENG.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) telah mematikan sinyal TV analog di wilayah Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Batam mulai hari ini, Sabtu (3/11/2022).

Masyarakat yang terdampak di wilayah tersebut dapat beralih menonton televisi lewat siaran TV digital.

Suntik mati siaran TV analog ini merupakan program Analog Switch Off (ASO) Tahap II setelah dilakukan di wilayah Jabodetabek pada 2 November lalu.

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Mohammad Reza mengatakan bahwa pemutusan sinyal TV analog Tahap II pada lima wilayah dilakukan pada Sabtu, 3 Desember 2022 pukul 00.00 WIB.

"Pemutusan saluran TV analog giliran di wilayah Bandung, Semarang, Batam, Yogyakarta, dan Solo," kata Reza yang dilansir Tribunjateng.com dari Kompas.com.

Reza mengimbau kepada masyarakat untuk segera memperhatikan ketersediaan Set Top Box (STB) yang non-bantuan di tiap daerah.

Rencana suntik mati TV analog tahap kedua ini telah diungkap Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam rapat kerja Kominfo bersama Komisi I DPR RI, Rabu (23/11/2022).

"Kami merencanakan untuk melakukan pengumuman analog switch off( ASO) dalam waktu dekat di enam wilayah," kata Johnny.

Menurut Menkominfo, keenam kota tersebut masuk ke dalam lima wilayah siaran.

Berikut daftar enam wilayah yang bakal dimatikan siaran TV analognya, sebagai berikut:

  • Jawa Barat-1: Kota Bandung dan sekitarnya
  • Jawa Tengah-1: Kota Semarang dan sekitarnya
  • DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, dan sekitarnya
  • Jawa Timur-1: Kota Surabaya dan sekitarnya
  • Kepulauan Riau-1: Kota Batam dan sekitarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siaran TV Analog Resmi Dimatikan di Bandung, Batam, Semarang, Solo, Yogya, dan Surabaya

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved