Pemilu 2024

Respon Ketum PAN Zulkifli Hasan saat Kadernya di Jateng Dukung Ganjar Sebagai Calon Presiden

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menerima masukan dari kadernya di Jawa Tengah.

Penulis: faisal affan | Editor: rival al manaf
Dok. PAN Jawa Tengah
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri Launching Bacaleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, Partai Amanat Nasional (PAN), di Hotel Grasia, Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menerima masukan dari kadernya di Jawa Tengah yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Hal tersebut disampaikan saat Launching Bacaleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, Partai Amanat Nasional (PAN), di Hotel Grasia, Semarang.

“Jawa Tengah sudah memutuskan satu nama, Pak Ganjar Pranowo untuk diusung menjadi calon presiden dan wakil presiden yang disampaikan kepada DPP tadi,” katanya usai acara bersama kader PAN se Jawa Tengah, di Hotel Grasia, Semarang, Jumat (2/12).

Menteri Perdagangan itu menjelaskan ada mekanisme yang harus dilakukan. Yakni berkomunikasi dengan Dewan Pengurus Pusat.

“Tentu nanti mekanismenya kan kita sampaikan di DPP pada saatnya,” ucapnya.

Zulhas menyebut, usulan agar PAN mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden muncul di hampir semua wilayah.

“Memang hampir semua wilayah begitu suaranya,” kata dia.

Selain DPP, Pria kelahiran Lampung itu menuturkan juga akan menyampaikan aspirasi dari wilayah ini ke KIB. Apalagi PAN sendiri tidak cukup untuk mengusung capres dan cawapresnya. Menurutnya, dari Partai Golkar dan PPP juga pasti ada usulan capresnya.

“Nanti ada Golkar ngusulkan, PAN ngusulkan, PPP ngusulkan, kita berembug. Soalnya saya yang umumkan nggak cukup juga nggak bisa. Makanya nanti berunding dengan KIB, nanti KIB juga nambah lagi. Prosesnya gitu karena ada syarat 20 persen,” kata Zulhas.

Disinggung soal kehadiran Erick Thohir yang disinyalir jadi pilihan calon wakil presiden, Zulhas mengaku sudah ‘nyantol’ dengan Menteri BUMN itu.

“Udah hari-hari sama saya gimana. Paling kuat nggak, paling nyantol istilahnya,” katanya.

Di lain pihak, Sekretaris KPPW Pemenangan Pemilu PAN Jateng, Yearzy Ferdian, mengatakan pendaftaran bacaleg sudah dimulai dari tanggal 2 hingga 23 Desember 2022.

"Lokasi pendaftaran untuk caleg yang ingin maju di DPR RI dan DPRD Jateng ada di kantor DPW PAN Jateng di Jalan Mucharom No. 07, Kedungmundu, Tembalang, Kota Semarang dengan call center 08112751998," terangnya.

Sedangkan untuk pendaftaran bacaleg DPRD Kabupaten/Kota bisa melalui kantor DPD PAN di tiap kabupaten atau kota.

"Pendaftaran ini menunjukan bahwa PAN adalah partai yang terbuka, semua kalangan dan tokoh masyarakat dan teman-teman muda, semua elemen yang ingin bergabung dan siap menjadi wakil rakyat dari PAN kami terima," tambah Yearzy.

Launching bacaleg ini sekaligus menjadi konsolidasi dan koordinasi antar pengurus ortom partai dan bacaleg. Menurutnya, mesin partai harus tetap panas dan siap menghadapi pemilu 2024.

"PAN sangat konsen terhadap keterwakilan perempuan yang nantinya akan duduk di parlemen. Target representasi keterwakilan dalam setiap dapil menjadi prioritas utama dalam pokok bahasan ini," tutupnya.(afn)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved