Berita tegal

Gowes Sehat Tutup Rangkaian Peringatan HKN ke-58 dan Hari AIDS Sedunia

Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal menggelar kegiatan Gowes Sehat yang diikuti oleh ratusan tenaga kesehatan di lingkungan Pemkab Tegal. 

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Gowes Sehat Tutup Rangkaian Peringatan HKN ke-58 dan Hari AIDS Sedunia 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Menutup rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 sekaligus memperingati Hari AIDS Sedunia, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal menggelar kegiatan Gowes Sehat yang diikuti oleh ratusan tenaga kesehatan di lingkungan Pemkab Tegal

Kegiatan sepeda santai ini, dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono, dari halaman Universitas Bhamada Slawi beberapa waktu lalu. 

Menurut Joko, kegiatan ini dapat menciptakan nilai-nilai kebersamaan menuju satu tujuan yaitu Kabupaten Tegal sehat. 

Apalagi, dari berbagai kalangan usia ikut meramaikan kegiatan sehat ini dengan suasana hati yang ceria dan penuh semangat.

Joko menuturkan, menjadi sehat itu tidak harus mahal, cukup dengan meluangkan waktu bersepeda, menikmati suasana sekitar, dan menghirup segarnya udara pagi. 

Terlebih, dengan memikirkan hal-hal yang positif maka peredaran darah menjadi lancar, suplai oksigen tersebar merata ke seluruh tubuh, dan tubuh akan menjadi lebih bugar.

“Lebih sehat lagi jika kita bisa melakukannya bersama-sama seperti ini.

Kebugaran fisik dapat, kebahagiaan pun bisa diraih dengan saling berbagi tawa dan canda, bertemu kerabat,” tutur Joko, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Senin (5/12/2022). 

Senada dengan Joko, Ketua Panitia HKN ke-58 Kabupaten Tegal, Sarmanah Adi Muraeny, berharap dengan terselenggaranya seluruh rangkaian peringatan HKN ini dapat memperkuat kebersamaan, terutama insan kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Menutup puncak rangkaian HKN ke-58 sekaligus memperingati Hari AIDS Sedunia ini, mudah-mudahan Kabupaten Tegal zero temuan kasus HIV, zero kematian akibat HIV/AIDS, dan zero diskriminasi terhadap ODHA (orang dengan HIV/AIDS),” ungkap Sarmanah. 

Dalam acara ini, pihaknya juga membagikan paket makanan tambahan (PMT) sebanyak 280 paket, dengan rincian 130 paket untuk ODHA dan 150 paket lainnya untuk penderita tuberculosis (TB). 

Adapun isi pada paket makanan ini antara lain berupa telur dan susu yang berfungsi meningkatkan status gizi dan mempertahankan daya tahan tubuh.

Salah satu penerima PMT dari ODHA saat menerima paket makanan tersebut menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada Pemkab Tegal serta relawan peduli HIV/AIDS.

“Terima kasih saya sampaikan, bahwa sampai dengan detik ini tidak ada lagi kasus kematian akibat HIV/AIDS di Kabupaten Tegal. Untuk itu teman-teman ODHA harus tetap semangat berobat dan selalu berpikiran positif.

Karena kita masih bisa sehat, bisa berkarya dan bermanfaat bagi lingkungan sosial,” imbuh salah satu penerima manfaat PMT ODHA. (dta) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved