Guru Berkarya

Asyiknya Belajar IPS dengan Bermain Crossword Puzzle

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik.

Editor: galih permadi
IST
Hesti Yuli Minarsih, S.Pd.SD., Guru Kelas VI SD Negeri 01 Podosari, Kabupaten Pekalongan 

Oleh: Hesti Yuli Minarsih, S.Pd.SD., Guru Kelas VI SD Negeri 01 Podosari, Kabupaten Pekalongan

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN di SD Negeri 01 Podosari, Kabupaten Pekalongan yang dilakukan guru seringkali masih monoton.

Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam menyampaikan materi pembelajaran tanpa ada variasi dengan metode lain.

Selain itu, guru juga belum menggunakan media dalam proses pembelajarannya.

Akibatnya, siswa menjadi mudah jenuh dan sukar untuk memahami materi pembelajaran.

Hal ini menjadi perhatian penulis untuk memberikan pembelajaran yang asik dan menyenangkan supaya mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.

Penulis menerapkan media crossword puzzle atau teka teki silang (TTS) pada pembelajaran IPS materi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN

Pembelajaran dengan media crossword puzzle  atau teka teki silang adalah salah satu media pembelajaran edukatif bagi siswa untuk berfikir saat pembelajaran berlangsung dengan mengisi teka teki silang sehingga siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran

Menurut Yusuf dan Auliya (2011:18), media pembelajaran permainan edukatif adalah semua alat permainan yang bersifat mendidik atau digunakan dalam pembelajaran.

Media pembelajaran permainan memungkinkan adanya partisipasi aktif dari siswa dalam pembelajaran, seperti diketahui pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang aktif

Pembelajaran dengan media croosword puzzle ini sangat cocok diterapkan pada materi yang bersifat teori yang berbentuk pengenalan alat maupun nama nama asing, karena dalam pembelajaran ini siswa dilatih untuk mengingat, memahami serta mencocokkan kata sesuai nama dan fungsi alat sebagaimana yang dikemukakan oleh Cahyo (2011 ; 63)

Media croosword puzzle atau teka teki silang ini cukup dikenal siswa, sehingga siswa sudah mampu dan mengerti tahapan tahapan yang harus dikerjakannya.

Mulai dari siswa yang mudah untuk memahami pembelajaran sampai yang kurang memahami pembelajaran dengan menggunakan media croosword puzzle semua siswa menjadi bersemangat untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Siswa akan berusaha mencari jawaban satu persatu setiap nomer soal mendatar dan menurun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved