Berita Regional

Dr Aqua Dwipayana: Menjadi Sipir di Lapas Adalah Pekerjaan yang Mulia

Menjalani profesi atau pekerjaan membina warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) adalah hal yang sangat mulia.

Editor: galih permadi
Istimewa
Dr Aqua Dwipayana di Lapas Nusakambangan: Menjadi Sipir di Lapas Adalah Pekerjaan yang Mulia 

TRIBUNJATENG.COM, NUSAKAMBANGAN, CILACAP---Menjalani profesi atau pekerjaan membina warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) adalah hal yang sangat mulia.

Jika menjalankan pekerjaan dengan sepenuh hati dan diniatkan sebagai bagian dari ibadah maka semua pegawai di tempat itu memiliki potensi masuk surga.

“Hal ini karena pekerjaan sebagai sipir yang membina warga binaan sangatlah mulia.

Masuk surga itu bisa terwujud, jika kita selalu bekerja profesional dan melaksanakan semua amanah secara konsisten.

Melayani setiap orang tanpa pamrih. Hanya mengharapkan ridho dan balasan dari Tuhan,” demikian disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menjelang kehadirannya di Lapas Kelas I Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Dr Aqua Dwipayana : Menjadi Sipir di Lapas Adalah Pekerjaan yang Mulia
Dr Aqua Dwipayana : Menjadi Sipir di Lapas Adalah Pekerjaan yang Mulia (Istimewa)

Pada Kamis, 8 Desember 2022 pagi, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut akan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan tema "Menuju Nusakambangan yang Modern, Berintegritas dalam Pengabdian" di hadapan para pegawai di Aula Ardha Candra Wismasari Nusakambangan. 

Pesertanya sekitar 200 orang. Mereka perwakilan dari 12 Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang bekerja di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia di Pulau Nusakambangan dan Kota Cilacap.

12 UPT itu adalah Lapas high risk Kelas I Batu, Lapas high risk Kelas IIA Pasir Putih, Lapas maximum Kelas IIA Besi, Lapas maximum Kelas IIA Narkotika, Lapas medium Kelas IIA Kembang Kuning, Lapas medium Kelas IIA Perrmisan, Lapas minimum Terbuka Kelas IIB, Balai Pemasyarakatan, Rumah Barang Sitaan Negara Cilacap, Lapas Kelas IIB Cilacap, dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap. 

Ini bukan kali pertama pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut berkunjung dan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan Lapas.

Pada beberapa sharing yang dilakukan, Dr Aqua menjadikan Lapas sebagai salah satu atensinya. 

Pria santun dan senang menolong orang tersebut tercatat pernah memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi antara lain di Lapas Kelas IIA Narkotika Jayapura, Lapas Kelas IIA Abepura, Lapas Kelas II A Wirogunan Yogyakarta, Lapas Kelas IIB Tabanan Bali, Lapas Kelas IIB Singaraja, Buleleng, Bali, Lapas Kelas IIB Banyuwangi. Selanjutnya, Lapas dan Rutan Padang, Sawahlunto, Pariaman, dan Bukittinggi, Lapas Perempuan Kelas IIB Padang, dan Lapas-Lapas lainnya.

Secara keseluruhan, Dr Aqua berencana bertahap mendatangi sekitar 560 Lapas dan Rutan di Indonesia dengan warga binaan lebih dari 260 ribu orang ini.

Seluruh kegiatan yang ia lakukan bisa terjadi sepenuhnya karena Allah SWT.

"Saya menganggap semua peserta sharing termasuk semua warga binaan di Lapas dan Rutan adalah saudara saya sendiri. Alhamdulillah, komunikasi dengan mereka cair, akrab, dan tidak ada jarak.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved