Berita Banyumas

Bupati Husein Himbau Optimalkan Pembayaran Pajak di Banyumas

Dalam rangka meningkatkan kapasitas kelangsungan pemungutan pajak di Kabupaten Banyumas, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banyumas

Ist. Pemkab Banyumas.
Pemerintah Kabupaten Banyumas, melalui Kepala Bapenda Kabupaten Banyumas, Eko Prijanto, saat mengadakan Pembinaan Pajak Daerah, di Pendopo Banyumas, Kamis (15/12/2022).  

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Dalam rangka meningkatkan kapasitas kelangsungan pemungutan pajak di Kabupaten Banyumas, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banyumas mengadakan Pembinaan Pajak Daerah, Kamis (15/12/2022). 

Bertempat di Pendopo Adipati Mrapat, Kecamatan Banyumas, acara tersebut mengambil tema Pajak Daerah sebagai Tulang Punggung Pembiayaan Pembangunan.

Acara dihadiri oleh 11 Camat dari Kecamatan Kalibagor, Kecamatan Kembaran, Kecamatan Sokaraja, Kecamatan Sumbang, Kecamatan Kebasen, Kecamatan Banyumas, Kecamatan Patikraja, Kecamatan Somagede, Kecamatan Kemranjen, Kecamatan Sumpiuh dan Kecamatan Tambak. 

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Bapenda Kabupaten Banyumas, Agustina Hernawati mengatakan tujuan dilaksanakannya acara ini adalah meningkatkan pendapatan pajak daerah.

Kemudian meningkatkan kapasitas kelangsungan pemungutan pajak, dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Banyumas.

Bupati Banyumas, Achmad Husein melalui Kepala Bapenda Kabupaten Banyumas, Eko Prijanto, mengatakan, anggaran pembangunan di Kabupaten Banyumas ditopang oleh tiga sumber yakni, dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pendapatan Asli Daerah. 

Dari sumber ketiga, yakni Pendapatan Asli Daerah ini yang paling utama adalah pajak dan retribusi. 

Pihaknya mengatakan hal ini yang akan didiskusikan bersama terkait pajak daerah bisa menjadi tulang punggung pembiayaan pembangunan.

Hal itu mengingat sumber anggaran dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi cenderung stagnan.

Husein juga menambahkan, kedepan pajak daerah akan menjadi pundi-pundi utama biaya pembangunan daerah termasuk untuk bantuan keuangan desa. 

Ia menghimbau masyarakat bersama-sama megoptimalisasi pembayaran pajak tidak hanya PBB-P2 namun pajak-pajak lainnya. (jti) 

 

Baca juga: 1.320 Anggota Satlinmas di Kudus Akan Didaftarkan Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga: Dongkrak Kunjungan Wisata Melalui Penyediaan Layanan Transportasi 

Baca juga: Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Tegal Disidak Cek Urine, Begini Hasilnya 

Baca juga: Cerita Kain Lurik Ganjar Dari Klaten Yang Laris Hingga Malaysia

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved