Berita Wonosobo

Membangun Lingkungan yang Inklusi, Bupati Afif Beri Motivasi Disabilitas Optimis Menatap Masa Depan

Unit Layanan Disabilitas menggelar forum dialog bersama, di Gedung Adipura, Kamis.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: sujarwo
Ist. Prokompim Setda Wonosobo
Kegiatan dialog penyelenggaraan pendidikan inklusi, di Gedung Adipura, Kamis (15/12/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Dalam rangka mewujudkan sekolah dan lingkungan yang inklusi, Unit Layanan Disabilitas menggelar forum dialog bersama, di Gedung Adipura, Kamis (15/22/2022). 

Dengan mengangkat tema Kita Setara, Kita Bisa, menghadirkan narasumber utama Aldifi Tegarajasa yakni pemeran utama dalam film Tegar.

Film ini mengangkat cerita tentang kehidupan seorang anak berkebutuhan khusus yang ingin sekolah.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menginginkan kegiatan ini terus dilaksanakan sebagai wadah bagi para penyandang disabilitas dalam mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik dan berkualitas. 

“Bahwa ke depan, semua anak harus mendapatkan layanan pendidikan yang memadai, termasuk di Kabupaten Wonosobo, dan kegiatan seperti ini harus kita gelorakan terus-menerus tanpa henti," ucapnya. 

Bupati Afif mengajak peserta terinspirasi dari tokoh Tegar yang memiliki kekurangan namun memiliki kelebihan-kelebihan kecil di dalamnya. 

Kegiatan dialog penyelenggaraan pendidikan inklusi, di Gedung Adipura, Kamis (15/12/2022).
Kegiatan dialog penyelenggaraan pendidikan inklusi, di Gedung Adipura, Kamis (15/12/2022). (Ist. Prokompim Setda Wonosobo)

“Kita semua adalah sama di mata hukum, di mata negara, bahkan di mata Tuhan yang sudah menciptakan segala macamnya dengan kelebihan dan kekurangan, sehingga kita semua memiliki kesempatan sama, yang berkebutuhan khusus pasti juga perlu mendapatkan ruang yang sama," ujarnya. 

Serangkaian motivasi diberikan Bupati Afif kepada seluruh penyandang disabilitas untuk tetap optimis menatap masa depan. 

“Anak-anak yang berkebutuhan khusus ditambah motivasinya, ditambah semangatnya, bahwa di depan kita, itulah masa depan kita, masa depan Wonosobo," tuturnya. 

Dengan selalu menghadirkan pemikiran-pemikiran yang baik dan positif, insyaallah akan bisa mewujudkan Kabupaten Wonosobo yang maju, sejahtera, dan berdaya saing. 

Kegiatan dialog penyelenggaraan pendidikan inklusi, di Gedung Adipura, Kamis (15/12/2022).
Kegiatan dialog penyelenggaraan pendidikan inklusi, di Gedung Adipura, Kamis (15/12/2022). (Ist. Prokompim Setda Wonosobo)

Diketahui Inisiasi Unit Layanan Disabilitas saat ini baru ada 3 di Jawa Tengah termasuk Kabupaten Wonosobo. 

“Saya sampaikan terima kasih atas peran sertanya, sinergitasnya, kolaborasi dari sahabat-sahabat semua, mudah-mudahan bisa terjaga dan akan terus kita kembangkan nanti kalau ada proses mungkin ada perubahan-perubahan untuk perbaikan dan kemajuan," harapnya. 

Ditengah acara tersebut juga ditampilkan hiburan pantomim hasil kolaborasi antara Sanggar Bagaskara dengan rekan-rekan disabilitas Kabupaten Wonosobo.

Dilanjutkan dialog antara peserta dengan ke empat narasumber diantaranya Febrian Kristiana merupakan dosen jurusan Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Universitas Diponegoro, Ulan Sumilan selaku Kepala SDN 071 Sukagalih Kota Bandung, Anggi Frisca selaku sutradara film Tegar, Aldifi Tegarajasa yang merupakan pemeran utama film Tegar. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved