Berita Batang

2nd Anniversary KIT Batang Digelar Meriah, Berbagai UMKM Lokal Pamerkan Produknya

Tak terasa Grand Batang City atau lebih dikenal dengan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang sudah berdiri selama dua tahun.

Penulis: dina indriani | Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG / DINA INDRIANI
Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan jajaran Direksi KIT Batang saat meninjau berbagai UMKM yang dipamerkan di acara Runningsharp 2nd Anniversary Grand Batang City, Gringsing, Sabtu (17/12/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Tak terasa Grand Batang City atau lebih dikenal dengan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang sudah berdiri selama dua tahun.


Perayaan hari jadi kedua ini pun digelar secara meriah, Sabtu (17/12/2022).


Dengan tema Runningsharp 2nd Anniversary Grand Batang City berbagai kegiatan digelar mulai dari sepeda santai, zumba, lomba menghias tumpeng, serta penyerahan hadiah lomba menulis artikel, fotografi dan poster.


Perayaan hari jadi ini juga turut diikuti Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, Direktur Utama KITB Ngurah Wirawan berserta jajaran karyawannya.


Masyarakat sekitar KIT Batang juga turut antusias mengikuti rangkaian acara tersebut.


Berbagai produk UMKM lokal Batang juga tak luput memeriahkan perayaan hari jadi KIT Batang ini.


Mulai dari produk kerajinan dari BJO Furface, Batik Rifa'iyah, Sprey Lukis, Sepatu Lukis, Pakaian dan Sepatu Ecoprint, Permata, serta tanaman bongsai dan produk lainnya siap memanjakan mata para pengunjung


Tidak hanya itu, berbagai kuliner produk lokal juga turut dijajakan mulai dari makanan ringan, makanan khas Batang, kopi, teh, minuman jahe, dan lainnya.


"Pertama kita syukuri dua tahun KIT Batang berdiri, pembangunan infrrastruktur yang dilakukan pemerintah sudah sangat pesat, dan saat ini kami sudah masuk tahap ke pengoperasian," tutur Direktur Utama KIT Batang, Ngurah Wirawan.


Lebih lanjut, Ngurah Wirawan mengatakan meski pabrik-pabrik secara efektif baru beroperasi di tahun 2024 namun sepanjang 2023 ini diharapkan sudah bisa mengoperasikan bangunan rumah susun, kemudian jalan, kemudian pengelolaan air bersih menggunakan waduk yang ada. 


"Termasuk juga bersama Pemprov dan Pemkab persiapan untuk pelatihan calon tenaga kerja, jadi secara perinsip kami dari KIT Batang berharap 2023 akan menjadi langkah baru bagi kami, untuk persiapan pengoperasian kawasan di 2024," jelasnya.


Untuk UMKM sendiri, pihaknya mendukung dan memberdayakan produk lokal dengan memberikan tempat jatah untuk Kabupaten Batang.


"Kami berikan tempat jatah UMKM Kabupaten Batang, silahkan Bu Bupati yang mengatur,"imbuhnya.


Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengapresiasi KIT Batang yang telah memberdayakan UMKM Batang untuk bisa memamerkan produknya dalam kegiatan ini.


"Kita lihat ternyata banyak sekali semua  UMKM perwakilannya diberdayakan untuk mengikuti agenda acara di siini, tentunya memperkenalkan berbagai produk ada makanan ada pakaian ada kerajinan dan lain-lainnya, dan semua itu  produk asli Batang yang akan kita kembangkan kita berdayakan di KIT Batang ini," tutur Lani.


Lebih lanjut, kata Lani ke depan UMKM Batang ini akan diberdayakan untuk mencukupi kebutuhan para pekerja yang ada di rusun tower KIT Batang.


"Setelah pastinya nanti kan ada para pekerja menempati tower ini kan butuh kebutuhan pokok diantaranya makanan, kesehatan, cuci laundry dan lainnya, otu akan dicukupi setelah ini sudah tertata ada kerja sama mungkin dari pihak manajemen KIT Batang dengan jajaran yang terkait," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved