Berita Nasional

Kerja Nyata Erick Thohir Antarkan Jadi Cawapres Terkuat di Pulau Jawa

“Erick Thohir ini memang sosok support yang dibutuhkan untuk pemimpin Indonesia. Dia memiliki pengalaman dan kerjanya di Kementerian BUMN juga baik,”

Editor: Editor Bisnis
Istimewa
Menteri BUMN RI Erick Thohir 

TRIBUNJATENG.COM - Menteri BUMN Erick Thohir terekam di dalam survei terbaru dari Poltracking Indonesia sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) terkuat di pulau Jawa. Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini terekam memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

Kemudian, Erick Thohir terdata sebagai pemimpin dengan elektabilitas ke dua tertinggi di DKI Jakarta. Demikian pula di Banten dan Jawa Barat (Jabar), Erick Thohir merangsek ke posisi lima besar. Pengamat Politik Ahmad Hidayah mengataka Erick Thohir layak untuk menjadi cawapres terkuat di daerah Jawa. 

Pasalnya, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini memiliki pengalaman kerja yang dibutuhkan oleh pemimpin Indonesia selanjutnya.

“Erick Thohir ini memang sosok support yang dibutuhkan untuk pemimpin Indonesia. Dia memiliki pengalaman dan kerjanya di Kementerian BUMN juga baik,” tutur Ahmad yang juga Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute (TII).

Seperti diketahui, Erick Thohir memiliki segudang pengalaman kerja di pemerintahan dalam membantu pemerintah Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin. Mulai dari penanggulangan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, pembenahan dan pembersihan BUMN, pemberantasan korupsi, hilirisasi SDA bahkan hingga penyelamatan dunia sepak bola Indonesia. 

Di bidang penanggulangan Covid-19, Erick Thohir bergerak cepat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) dengan mendatangkan jutaan vaksin untuk masyarakat.

Kini bahkan Indonesia bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri yakni IndoVac berkat kerja keras dari Erick Thohir bersama Bio Farma. Di sektor pemulihan ekonomi nasional, ia menggalakkan program KUR, Mekaar dan Makmur untuk membantu masyarakat.

Program ini bahkan hingga saat ini terus berjalan dan berhasil menciptakan jutaan lapangan kerja. Kemudian di bidang pembenahan dan pemberantasan korupsi di BUMN, Erick Thohir sangat berhasil.

Ia berhasil melakukan transformasi manajemen dan fokus bisnis perusahaan-perusahaan BUMN hingga meningkatkan laba dari Rp 13 triliun menjadi Rp 155 triliun di triwulan III 2022. Kontribusi Kementerian BUMN kepada negara di masa kepemimpinan Erick Thohir juga tercatat meningkat Rp 68 triliun.

Hal ini juga tidak lepas dari optimalisasi hilirisasi SDA Indonesia seperti nikel yang dilakukan oleh Erick Thohir untuk mendongkrak perekonomian. Di samping itu, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini berhasil menyelesaikan kasus mega korupsi Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia dengan berkolaborasi bersama Kejaksaan Agung serta BPKP.

Tak berhenti sampai di situ, Erick Thohir juga menyelesaikan penugasan khusus dari Presiden Jokowi untuk menyelamatkan dunia sepak bola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan Malang. Penugasan ini berhasil diselesaikan dengan menggandeng FIFA untuk mentransformasi dunia sepak bola Indonesia agar tragedi serupa tidak terulang di kemudian hari.

Tambahan informasi, berdasarkan hasil survei Poltracking, Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 25,4 persen di Jateng dan 18,3 persen di Jatim. Sedangkan di DKI Jakarta ia memiliki elektabilitas sebesar 17,2 persen. Kemudian di Banten dan Jabar, elektbilitas Erick Thohir terekam di angka 11,7 persen serta 10,3 persen. (*)

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved