Berita Cilacap

Peringati Hari Bela Negara, Pj Bupati Yunita Kembali Ingatkan ASN Cilacap untuk Jaga Integritas

Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah tak bosan mengingatkan para ASN untuk jaga integritas.

Penulis: Pingky Setiyo Anggraeni | Editor: sujarwo
Ist.Pemkab Cilacap
Upacara memperingati Hari Bela Negara Ke-74 di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti, Cilacap. Senin (19/12). Pj Bupati Yunita dalam kesempatan itu berlaku sebagai inspektur upacara. 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar tak bosan mengingatkan para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk selalu menjaga integritas.

Hal ini diungkapkan Pj Bupati Yunita saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Bela Negara ke-74 di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap. Senin (19/12/2022).

Yunita dalam sambutannya kemudian kembali mengingatkan kepada seluruh peserta upacara untuk menjaga integritas.

Ia mengajak para ASN untuk menghindari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) sebagai salah satu wujud dari bela negara.

Menurut Yunita, prinsip bela negara sama halnya dengan prinsip menjaga kedaulatan negara.

"Di lingkup pekerjaan kita sebagai ASN, maka membela negara itu berarti menjaga integritas, karena integritas itu rohnya ASN," kata Yunita.

Upacara memperingati Hari Bela Negara Ke-74 di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti, Cilacap. Senin (19/12). Pj Bupati Yunita dalam kesempatan itu berlaku sebagai inspektur upacara.
Upacara memperingati Hari Bela Negara Ke-74 di halaman Pendopo Wijayakusuma Cakti, Cilacap. Senin (19/12). Pj Bupati Yunita dalam kesempatan itu berlaku sebagai inspektur upacara. (Ist.Pemkab Cilacap)

Dikatakan Yunita, bahwa ketika ASN tidak memiliki integritas, maka akan merusak negara, masyarakat dan mental warga negaranya. 

Dalam sambutannya itu, Yunita juga membacakan amanat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahwa seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara.

Setiap warga negara harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. 

"Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara,” katanya.

Upacara dengan tema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku” ini dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap. 

Bela negara sendiri merupakan sikap, perilaku dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. 

Bela negara tentunya menjadi sebuah kehormatan bagi setiap warga negara yang harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved