Berita Pekalongan

Sekda Sri: Hari Bela Negara Jadi Refleksi Semangat Membela Tanah Air

Sekda Sri ajak seluruh warga Kota Pekalongan belajar dari sejarah perjuangan bangsa.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Dok. Kominfo Kota Pekalongan
Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih saat menjadi irup upacara pada peringatan Hari Bela Negara tahun 2022, di halaman Setda Kota Pekalongan, Senin (19/12/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Setiap tanggal 19 Desember diperingati sebagai Hari Bela Negara.

Tujuan dari diperingatinya Hari Bela Negara yaitu dalam rangka mendorong semangat kebangsaan dalam bela negara, sebagai upaya mempertahankan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan, dapat di implementasikan dengan sikap dan tindakan yang nyata.

Menyusul hal tersebut, jajaran ASN Pemerintah Kota Pekalongan, TNI, Polri, Organisasi wanita mulai dari TP-PKK, Persit, Dharmawanita Persatuan (DWP), Komunitas Kain Kebaya Indonesia (KKI) dan sebagainya mengikuti upacara peringatan Hari Bela Negara tahun 2022, di halaman Setda Kota Pekalongan, Senin (19/12/2022).

Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih mengajak kepada seluruh warga Kota Pekalongan untuk kembali belajar dari sejarah perjuangan bangsa. Dimana, sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat.

Para pahlawan berjuang mengorbankan jiwa raganya, untuk membela tanah air dari para penjajah.

Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih saat menjadi irup upacara pada peringatan Hari Bela Negara tahun 2022, di halaman Setda Kota Pekalongan, Senin (19/12/2022).
Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih saat menjadi irup upacara pada peringatan Hari Bela Negara tahun 2022, di halaman Setda Kota Pekalongan, Senin (19/12/2022). (Dok. Kominfo Kota Pekalongan)

"Hari ini, tanggal 19 Desember 2022, diperingati Hari Bela Negara sebagai momentum mengingatkan kita semua, bahwa kita wajib menjaga dan mempertahankan tanah air dan bangsa Indonesia ini," kata Sekda Kota Pekalongan Sri Ruminingsih saat rilis yang diterima Tribunjateng.com.

Menurutnya, membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, akan tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara melakukan upaya-upaya politik maupun diplomasi.

Nilai-nilai heroik tersebut yang perlu, terus diaktualisasikan melalui berbagai karya nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kami ingin mengajak seluruh warga Kota Pekalongan untuk bersama membangun kesadaran. Bahwa, kelangsungan hidup kita sebagai bangsa adalah penjumlahan dari seluruh kekuatan rakyat. Jika ada kekuatan bersama, maka bangsa ini akan mampu menghadapi segala jenis ancaman dan tantangan, termasuk Kota Pekalongan," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved